Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 28 Januari 2016

Resep Membuat Jaruk Tarap Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Jaruk Tarap Khas Kalimantan Selatan – Jaruk tarap merupakan makanan khas Kalimantan Selatan atau masyarakat Banjar. Makanan ini merupakan kuliner yang berbahan dasar buah tarap yang diawetkan dengan cara direndam dalam air garam. Rasanya yang khas, antara asin dan gurih membuat makanan ini juga cocok dijadikan camilan keluarga. Jika Anda merupakan warga Kalimantan, pasti sudah pernah mencobanya. Entah itu membeli di pasar tradisional maupun mengolahnya sendiri di rumah. Mungkin keluarga Anda juga pernah membuat dan mencicipi kelezatan rasanya.

Namun, bila Anda berasal dari daerah yang berbeda dan sudah penasaran, silahkan mencicipinya dengan cara menuju ke Banjarmasin. Di sana banyak ditemukan penjual jaruk tarap, baik yang sudah diolah maupun yang belum. Anda pasti ingin segera menikmati hidangan dengan resep jaruk tarap khas Kalimantan Selatan tersebut, bukan?
Jaruk Tarap Khas Kalimantan Selatan
Jaruk Tarap Khas Kalimantan Selatan
Anda pun bisa mengolahnya di rumah dengan reep jaruk tarap khas Kalimantan Selatan. Cara membuatnya sangatlah mudah dan tidak memakan waktu cukup lama untuk menyajikannya dengan istimewa. Yang membuat lama dalam pengolahannya adalah getah yang ada rambutnya dalam buah tersebut. Namun, jika direbus sudah tidak akan mengganggu lagi! Jadi, dalam mengolahnya dengan resep jaruk tarap khas Kalimantan Selatan Anda harus lebih bersabar!

Bahan:

  • Buah tarap secukupnya
  • Air panas secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama, rebus buah tarap bersama kulitnya sampai matang. Ciri buah tersebut sudah matang adalah bila ditusuk akan tembus dengan mudah
  2. Angkat lalu dinginkan sebentar. Dan jika sudah dingin, Anda bisa mengupas kulitnya dan memotong buah tersebut secara membujur atau melintang menjadi beberapa bagian
  3. Masukkan buah tarap tersebut ke dalam toples bersih dan sisihkan dulu untuk menyiapkan air panas
  4. Tambahkan garam dalam air panas tersebut dan aduk sampai larut. Tuangkan ke dalam toples berisi buah tarap tadi
  5. Tutup lalu simpan dalam suhu ruang. Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas. Setelah itu jaruk tarap bisa diolah menjadi masakan kesukaan Anda.
Nikmati makanan dari resep jaruk tarap khas Kalimantan Selatan bersama keluarga, teman dan saudara di rumah. Makanan ini akan jauh lebih nikmat dan lengkap jika disantap dengan cara diolah menjadi sajian yang berbeda. Anda pernah mencobanya? Silahkan berkreasi dengan jaruk tarap yang telah Anda buat supaya Anda menjadi seorang ibu rumah tangga yang kreatif dan bisa dijadikan contoh bagi teman-teman. 

Baca Juga : Resep Membuat Bistik Ayam Khas Kalimantan Selatan
Selamat mengolahnya di rumah bersama teman dan saudara. Semoga hidangan Anda dari resep jaruk tarap khas Kalimantan Selatan bisa diterima keluarga dengan sepenuhnya. Salam koki dan jangan pernah berhenti berlatih untuk memasak. Sampai jumpa di sajian-sajian berikutnya!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D