Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 02 Februari 2016

Resep Membuat Pada’ Basanga Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Pada’ Basanga Khas Kalimantan Selatan – Pada’ basanga merupakan makanan yang berasal dari Kalimantan Selatan. Makanan ini biasa diartikan sebagai hidangan ikan kembung goreng. Basanga berarti digoreng. Rasanya yang khas dan lezat berasal dari bumbu-bumbu serta rempah yang digunakan. Masyarakat Banjar sendiri tidak pernah mengurangi kekhasan rasanya dengan tetap mempertahankan resep pada’ basanga khas Kalimantan Selatan untuk mengolahnya.

Untuk itu, bila Anda penasaran dengan rasa makanan tersebut, walau sebenarnya bisa membuatnya di rumah sendiri dengan resep yang berbeda tentunya, Anda bisa mengunjungi daerah asalnya. Sekedar observasi saja, mencicipi rasanya yang khas dan perbedaannya dengan ikan goreng yang pernah Anda buat. Pasti sangat berbeda, bukan? Sebab, masyarakat Banjar tidak pernah menggunakan resep lain selain resep pada’ basanga khas Kalimantan Selatan yang sudah disebutkan sebelumnya.
Pada’ Basanga Khas Kalimantan Selatan
Pada’ Basanga Khas Kalimantan Selatan
Anda pun juga bisa mengolahnya di rumah dengan resep tersebut. Silahkan membaca keseluruhan isi resep pada’ basanga khas Kalimantan Selatan dan siapkan bahan serta bumbu sesuai dengan takaran yang diperlukan. Lalu dengan segera, Anda bisa menerapkan langkah-langkah yang ada untuk menggoreng ikan kembung kesukaan Anda. Pastikan semua rasanya pas dan Anda bisa segera menghidangkannya.

Nah, di bawah ini merupakan terusan dari resep pada’ basanga khas Kalimantan Selatan yang akan membahas bahan, bumbu serta cara membuatnya!

Bahan:

  • 2 ekor ikan kembung
  • ½ liter minyak goreng
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya

Bumbu Halus:

  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 3 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan dan bumbu yang dipergunakan untuk membuat pada’ basanga khas Kalimantan Selatan
  2. Setelah itu, cuci ikan kembung sampai bersih dan kerat permukaannya. Kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis
  3. Biarkan ikan tersebut terendam air perasan jeruk nipis selama kurang lebih seperempat jam. Angkat lalu cuci kembali dan tiriskan
  4. Lumurkan bumbu halus pada seluruh permukaan ikan lalu diamkan lagi selama satu jam atau sekitar semalam di dalam kulkas
  5. Angkat lalu panaskan minyak untuk menggoreng ikan tersebut sampai berubah warna dan matang
  6. Tiriskan lalu sajikan di piring saji dan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Kukis Kelapa Khas Sulawesi Utara
Resep pada’ basanga khas Kalimantan Selatan di atas telah membantu Anda menyajikan hidangan istimewa untuk keluarga di rumah. Begitu sederhana dan istimewanya, sehingga anak-anak jadi menyukai makanan Anda. Bila di lain waktu ingin membuatnya kembali, Anda bisa menyimpan resep pada’ basanga khas Kalimantan Selatan ini di bookmark! Selamat berkreasi dengan masakan Anda dan salam koki untuk Anda!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D