Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 04 Februari 2016

Resep Membuat Sambal Acan Binjai Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Acan Binjai Khas Kalimantan Selatan – Indonesia kaya akan hidangan yang pedas. Hidangan tersebut tidak lepas dari peran sambal yang menyertainya. Kalau dipikir-pikir dan dibayangkan, sambal di Indonesia sangatlah beragam. Dari zaman ke zaman selalu ada perubahan dan kreasi baru. Sambal-sambal yang sudah ada sejak zaman dahulu adalah sambal bawang, sambal terasi, sambal ijo, sambal bajak dan sambal goreng ati. Yang terakhir disebutkan adalah sambal paling mewah, karena disajikan dengan hati serta ampela ayam.

Berbagai daerah di Indonesia juga menyajikan sambal yang berbeda. Ada yang menyukai sambal pedas, sambal dengan tingkat kepedasan sedang maupun yang tidak pedas sama sekali, seperti yang ditemukan di Jogja. Meskipun begitu, selera orang tetaplah berbeda. Belum tentu satu orang merasakan tingkat kepedasan yang sama dengan orang lain. Namun, jika Anda tertantang untuk mencoba aneka sambal unik, jajal saja resep sambal acan binjai khas Kalimantan Selatan.

Sambal tersebut mirip dengan sambal terasi pada umumnya. Hanya saja disajikan dengan buah binjai yang diuleg bersama terasi serta bumbu lainnya. Rasanya pedas masam dan lezat sekali. Cocok disajikan untuk santap makan siang. Anda bisa menemukan hidangan dengan resep sambal acan binjai khas Kalimantan Selatan ini di Banjarmasin.

Namun, bila Anda ingin membuatnya di rumah, silahkan saja! Ada resep sambal acan binjai khas Kalimantan Selatan yang menuntun Anda mengolahnya dengan baik! Perhatikan ulasan di bawah ini.

Bahan:

  • Terasi secukupnya
  • 2 buah cabai merah besar
  • 3 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit
  • Buah binjai secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah mencuci buah binjai yang sudah dipotongi sampai bersih lalu menyiapkan bahan-bahan serta bumbu lain yang diperlukan
  2. Kemudian panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis bawang merah, cabai merah, cabai rawit serta terasi sampai setengah matang
  3. Angkat lalu uleg tumisan bahan bersama sampai halus dan taburi dengan garam serta kaldu ayam bubuk
  4. Tambahkan potongan buah binjai lalu uleg kembali sampai tercampur rata.
  5. Hidangan sambal acan binjai khas Kalimantan Selatan siap dinikmati

Resep sambal acan binjai khas Kalimantan Selatan telah sukses memandu Anda mengolahnya di rumah. Lain kali, Anda harus mencoba memadukannya dengan gangan maupun sayuran lainnya. Sambal ini juga cocok untuk disantap bersama saluang goreng, maupun aneka ikan goreng dan bakar. Baca Juga : Resep Membuat Halua Kenari Khas Sulawesi Utara

Anda harus membuatnya di lain kesempatan dengan resep sambal acan binjai khas Kalimantan Selatan. Terutama jika keluarga Anda ketagihan dengan sambal sedap tersebut. Maka dari itu, teruslah berlatih menghidangkan sajian berkualitas dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D