Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 07 Februari 2016

Resep Membuat Semur Daging Khas Gorontalo

Advertisement
Advertisement

Resep Semur Daging Khas Gorontalo – Daging sapi adalah salah satu bahan makanan yang hampir setiap hari dicari ibu-ibu di pasar. Daging ini bisa diolah menjadi hidangan yang menarik dan istimewa, jika cara mengolahnya juga benar. Soto daging, semur daging, dendeng ragi dan abon merupakan beberapa contoh hidangan yang menggunakan bahan utama daging ini. Selain mudah diolah, rasanya pun juga khas.

Di Gorontalo, Anda bisa menjumpai semur daging yang sangat khas. Semur daging di Gorontalo menggunakan daging sengkel yang dipotong-potong lalu diolah bersama potongan kentang serta bumbu-bumbu lainnya sehingga menghasilkan hidangan khas yang istimewa. Bila Anda ke Gorontalo, jangan lupa untuk membeli hidangan dari resep semur daging khas Gorontalo ini sebagai pengganjal perut, ya!
Semur Daging Khas Gorontalo
Semur Daging Khas Gorontalo
Jika dirasa terlalu jauh, Anda bisa membuat makanan ini di rumah dengan resep semur daging khas Gorontalo. Bahan-bahan yang digunakan tidak terlalu banyak dan juga proses pembuatannya pun tidak akan membuat Anda kebingungan.

Bahan:

  • ½ kg daging sengkel, potong kotak
  • 2 buah kentang, potong kotak
  • 8 sendok makan kecap manis
  • ½ sendok teh kecap asin
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ¼ sendok teh garam
  • 2 cm jahe, iris tipis
  • 1 butir pala, memarkan
  • 1 liter air
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah

Cara Membuat:

  1. Kalau sudah menyiapkan semua bahan dan bumbu sesuai takaran, Anda bisa mencuci daging sengkel yang telah dipotongi hingga bersih.
  2. Lakukan juga hal itu pada kentang yang sudah dipotongi lalu goreng dalam minyak panas hingga berkulit. Angkat dan tiriskan
  3. Panaskan minyak untuk menumis bumbu halus bersama pala dan jahe hingga harum. Setelah itu, masukkan potongan daging dan aduk hingga berubah warna
  4. Masukkan kecap manis dan kecap asin sembari diaduk-aduk hingga daging terbalut bumbu secara merata
  5. Tuangi air sedikit demi sedikit dan tetap diaduk hingga daging setengah matang. Selanjutnya, masukkan potongan kentang bersama merica dan garam
  6. Masak menggunakan api kecil hingga bumbu meresap dan matang. Berikutnya, angkat lalu tuang di mangkuk saji untuk segera dihidangkan
  7. Semur daging khas Gorontalo siap dinikmati

Resep semur daging khas Gorontalo di atas akan menghasilkan 6 porsi hidangan, yang mana Anda bisa menyajikannya di meja makan untuk dinikmati bersama keluarga. Kalau dirasa kurang, silahkan menambah takaran bahan dan bumbunya agar semua kebagian.

Baca Juga : Resep Membuat Brongkos Khas Jogja
Anda juga bisa menyimpan resep semur daging khas Gorontalo di bookmark supaya tidak hilang dan bisa digunakan untuk mengolahnya kembali di lain kesempatan. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D