Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 08 Februari 2016

Resep Membuat Serawa Lombok Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Serawa Lombok Khas Kalimantan Selatan – Negara kita memiliki hidangan dengan nama aneh serta menarik yang bermacam-macam. Bentuk, tekstur dan rasanya pun juga beraneka ragam. Tidak hanya itu, masyarakat yang menciptakan hidangan tersebut juga memiliki cara tersendiri untuk mengolahnya sehingga menjadi hidangan istimewa yang dikenang hingga sekarang. Beberapa daerah, seperti Sulawesi, Kalimantan dan Jawa memiliki kuliner dengan rempah yang sangat kuat serta rasa yang berani. Bisa dibuktikan?

Ada satu hidangan yang berasal dari Kalimantan Selatan, yakni serawa lombok. Serawa lombok adalah hidangan dengan bahan utama cabai hijau besar yang diiris menyerong dan direbus lalu dimasak bersama santan dan terasi serta penyedap lainnya. Hasilnya adalah sebuah hidangan yang memiliki tekstur kental dan biasa disantap bersama nasi putih oleh masyarakat Banjar. Makanan inilah yang juga sering diolah mereka dengan resep serawa lombok khas Kalimantan Selatan.

Bila Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan lupa untuk mencicipinya sambil menikmati indahnya panorama alam. Jangan lupa juga membagikan makanan dengan resep serawa lombok khas Kalimantan Selatan tersebut kepada keluarga dan teman yang sedang berwisata bersama Anda.

Akan tetapi, jika berkunjung ke Banjarmasin dirasa sangat jauh, Anda bisa membuatnya di rumah dengan resep serawa lombok khas Kalimantan Selatan. Proses pembuatannya sangatlah mudah, apalagi bahan-bahan yang digunakan tidak sulit ditemui. Anda hanya harus membaca keseluruhan isi resep hingga benar-benar paham.

Bahan:

  • Cabai hijau besar, diiris menyerong
  • Santan secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Terasi secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama, cuci cabai hijau besar sebelum mengirisnya lalu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Kemudian, Anda bisa merebus santan hingga mendidih lalu menyisihkannya juga
  3. Berikutnya, silahkan merebus cabai hijau besar yang telah Anda iris sampai layu.
  4. Angkat lalu cuci sampai bersih dan biarkan bijinya terbuang
  5. Setelah itu, rebus kembali cabai tersebut bersama santan yang sudah Anda rebus sebelumnya sampai berminyak
  6. Kalau sudah berminyak, silahkan menambah gula pasir, garam dan terasi secukupnya
  7. Aduk-aduk lalu masak sebentar hingga mengental
  8. Angkat lalu sajikan serawa lombok di mangkuk atau piring saji
  9. Hidangan serawa lombok siap dinikmati

Makanan dengan resep serawa lombok khas Kalimantan Selatan tersebut memang sangatlah sederhana. Namun, kesederhanaan yang tercipta tidak lantas memberikan kecewa bagi Anda. Rasanya yang khas akan langsung memberikan kenikmatan bagi lidah yang mencicipinya. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencicipi dan penasaran dengan rasanya, silahkan mengolah makanan tersebut dengan resep yan sudah disebutkan.

Baca Juga : Resep Membuat Binyolos Khas Sulawesi Utara
Selesai sudah resep serawa lombok khas Kalimantan Selatan. Semoga Anda senang dengan resep tersebut dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D