Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 11 Februari 2016

Resep Membuat Urap Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Urap Khas Kalimantan Selatan – Bila Anda makan ayam goreng atau ayam panggang, pasti akan ada sajian yang satu ini. Ia selalu hadir untuk pelengkap maupun lauk tambahan. Rasanya yang khas yaitu gurih dan nikmat selalu membuat Anda ketagihan. Padahal, sebelumnya Anda bukan merupakan pecinta sayuran. Hal itu mungkin dikarenakan bumbu-bumbu untuk mengolahnya, termasuk parutan kelapa muda. Jadi, adakah yang bisa menebak hidangan apa ini?

Di antara beragam kuliner mewah dan menarik, masyarakat Banjar ternyata tetap mempertahankan beberapa sajian sederhana sebagai lauk atau pelengkap santap siang. Contohnya adalah mandai tiwadak. Namun, tidak hanya itu saja. Ternyata Kalimantan Selatan menyajikan hidangan yang sebelumnya Anda tebak-tebak, yaitu urap. Urap asal daerah ini sangatlah simple dan mudah untuk diolah. Masyarakat sekitar juga menggunakan resep urap khas Kalimantan Selatan agar cita rasanya tetap terjaga.
Urap Khas Kalimantan Selatan
Urap Khas Kalimantan Selatan
Untuk Anda yang gemar memasak dan kebetulan ingin menyajikan urap, resep urap khas Kalimantan Selatan ini sangat penting untuk disimpan. Anda bisa menggunakannya sebagai sajian tambahan ketika sedang dibutuhkan. Hanya dengan resep urap khas Kalimantan Selatan, membuat hidangan urap akan jauh lebih sederhana dan mudah.

Berikut ini adalah bahan-bahan dan bumbu serta langkah pembuatan yang terangkum dalam resep urap khas Kalimantan Selatan. Anda harus membacanya dari awal sampai akhir kemudian menerapkannya di dapur. Semoga sukses dan selamat mencoba!

Bahan:

  • Daun singkong secukupnya
  • Kacang panjang secukupnya
  • Kecambah secukupnya, diseduh
  • Parutan kelapa muda

Bumbu:

  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Terasi secukupnya
  • Asam Jawa secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • Kunyit secukupnya
  • Kencur secukupnya

Cara Membuat:

  1. Sesudah menyiapkan semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan, Anda bisa mencuci daun singkong, kacang panjang dan kecambah sebelum menyeduhnya
  2. Setelah itu, bakar bawang putih, kunyit dan kencur lalu haluskan bersama bumbu-bumbu lainnya
  3. Campurkan bumbu halus tersebut bersama parutan kelapa dan sangrai tanpa menggunakan minyak hingga kering
  4. Sisihkan dulu untuk merebus semua sayuran sampai matang. Angkat lalu sajikan di mangkuk saji dan taburi campuran kelapa sangrai tadi
  5. Aduk-aduk sampai rata kemudian urap khas Kalimantan Selatan siap dinikmati

Saking mudahnya membuat resep urap khas Kalimantan Selatan, Anda pasti ingin membuatnya lagi di lain waktu. Tenang saja dulu, dan nikmati olahan yang baru Anda buat. Tentu saja dengan nasi putih yang masih hangat, tempe dan tahu goreng hidangan ini akan sangat istimewa. Anda juga bisa menghidangkannya bersama ayam goreng jika suka.

Baca Juga : Resep Membuat Iwak Rabuk Khas Kalimantan Selatan
Sekian resep urap khas Kalimantan Selatan. Semoga Anda tidak kecewa dengan hasilnya dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D