Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 23 Maret 2016

Resep Membuat Es Kacang Merah Khas Sulawesi Utara

Advertisement
Advertisement

Resep Es Kacang Merah Khas Sulawesi Utara – Sulawesi Utara kaya akan hidangan spesial yang memiliki rasa istimewa. Seperti rica-rica, masak woku daun, mie cakalang dan lain sebagainya. Kekayaan kuliner tersebut tentu saja harus dibarengi dengan kuliner minuman di dalamnya. Nah, kali ini kami akan membahas es kacang merah khas Sulawesi Utara sebagai pelengkap menyantap hidangan Anda.

Es kacang merah merupakan minuman yang ada di Manado, Sulawesi Utara. Minuman tersebut terbuat dari kacang merah kering, susu kental manis, kayu manis, gula merah dan serutan es batu. Rasanya segar dan nikmat. Jadi, bagi Anda yang ingin mencobanya, bisa langsung ke Manado, ya! Di sana es tersebut disajikan dengan kekhasan rasa berbeda, yaitu menggunakan resep es kacang merah khas Sulawesi Utara.
Es Kacang Merah Khas Sulawesi Utara
Es Kacang Merah Khas Sulawesi Utara
Namun, jika Anda ingin mengolahnya di rumah, silahkan memakai resep tersebut. Bahan-bahan yang digunakan tidak terlalu sulit didapat. Cara membuatnya pun juga sangat mudah. Yang diperlukan Anda membaca keseluruhan isi resep es kacang merah khas Sulawesi Utara supaya Anda tidak bingung nantinya!

Bahan:

  • 3 ons kacang merah kering
  • 700 ml air
  • 10 sendok makan susu kental manis coklat
  • 5 cm kayu manis
  • ¼ kg gula merah, sisir
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama, silahkan merendam kacang merah di dalam air sampai mengembang. Setelah itu, angkat dan cuci sampai bersih. Tiriskan
  2. Rebus kacang merah tersebut bersama kayu manis hingga empuk. Angkat lalu sisihkan sebentar.
  3. Berikutnya, Anda bisa memasak air dan gula merah sampai larut atau hancur. Angkat kemudian saring.
  4. Lalu masak kembali air gula tersebut sampai mendidih bersama kacang merah. Biarkan hingga kacang empuk serta air menyusut.
  5. Sementara itu, Anda bisa menyerut es batu lalu menyisihkannya dulu untuk menyiapkan mangkuk maupun gelas dengan ukuran sedang
  6. Taruh kacang merah di atasnya kemudian beri es serut secukupnya. Tuangkan susu kental manis coklat secara merata.
  7. Minuman es kacang merah khas Sulawesi Utara bisa segera Anda nikmati

Baca Juga : Resep Membuat Sate Balanga Khas Gorontalo
Resep es kacang merah khas Sulawesi Utara di atas akan menghasilkan 4 mangkuk sajian. Anda bisa langsung menyantapnya setelah makan siang bersama keluarga. Minuman ini juga pas disajikan untuk berbuka puasa. Segarnya yang tak tertahankan serta rasanya yang khas membuat puasa Anda jadi jauh lebih bergairah.

Anda bisa menyajikannya kembali untuk puasa tahun depan dengan menyimpan resep es kacang merah khas Sulawesi Utara ini di bookmark. Anda juga dapat membagikannya kepada teman-teman maupun saudara agar mereka bisa menghidangkannya di rumah juga. Salam koki dan selamat berkreasi!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D