Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 Maret 2016

Resep Membuat Ikan Asin Gejrot Khas Cianjur

Advertisement
Advertisement

Resep Ikan Asin Gejrot Khas Cianjur – Hidangan khas Indonesia memang sangat beragam. Anda bisa menemukan di berbagai tempat, terutama di pameran kuliner yang sering diadakan di kota-kota besar. Itu kalau Anda tidak mau jauh-jauh mencicipinya. Saking beragamnya, sampai-sampai banyak kuliner yang belum ter-explore dan hanya masyarakat lokal yang mengenalnya. Apa saja kuliner-kuliner tersebut?

Cianjur, selain terkenal dengan tauco dan bandreknya, ternyata juga memiliki hidangan khas yang sederhana namun sangat nikmat. Adalah ikan asin gejrot, atau bisa disebut sebagai penyetan ikan asin merupakan salah satunya. Makanan ini merupakan olahan ikan asin yang dicampur dengan sambal berbahan tomat hijau, bawang merah, cabai hijau, cabai rawit hijau dan aneka bumbu lainnya yang dibuat dengan resep ikan asin gejrot khas Cianjur.
Ikan Asin Gejrot Khas Cianjur
Ikan Asin Gejrot Khas Cianjur
Rasa yang diciptakan ikan asin saja sudah nikmat, apalagi kalau dicampur dengan sambal ijo tersebut. Pasti Anda akan tertarik dengan hidangan ini jika sudah mencobanya. Lagipula proses pembuatannya juga sangat sederhana. Anda hanya harus menggoreng ikan asin lalu mencampurkannya dengan ulegan bahan sambal. Dan akhirnya, tercipta hidangan dengan resep ikan asin gejrot khas Cianjur.

Kalau Anda ingin membuatnya di rumah, pakailah resep tersebut. Bahan-bahan yang digunakan tidak terlalu sulit didapat. Prosesnya juga mudah, sesuai dengan yang telah diterangkan sebelumnya. Anda dapat langsung membaca ulasan lengkapnya dalam resep ikan asin gejrot khas Cianjur di bawah ini!

Bahan:

  • 5 ekor ikan sepat asin
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bahan Untuk Sambal:
  • ¼ sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula merah
  • 3 buah cabai hijau
  • 4 buah tomat hijau
  • 6 butir bawang merah
  • 15 buah cabai rawit hijau

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk mengolah ikan asin gejrot khas Cianjur
  2. Berikutnya cuci bersih ikan sepat asin tersebut, lalu seduhlah sebentar. Angkat dan tiriskan lalu panaskan minyak sebentar
  3. Goreng ikan sepat asin tersebut hingga matang. Tiriskan lalu sisihkan dulu untuk mengolah sambalnya
  4. Uleg kasar cabai hijau, bawang merah, cabai rawit hijau, gula merah, tomat hijau dan garam sampai rata
  5. Penyetlah ikan sepat asin goreng tadi lalu siram dengan sambal di atasnya. Hidangan ikan asin gejrot khas Cianjur siap disajikan

Baca Juga : Resep Membuat Oliver Salad Khas Kalimantan Selatan
Resep ikan asin gejrot khas Cianjur di atas akan menghasilkan 5 porsi hidangan. Anda bisa menyajikannya bersama lalapan dan nasi putih hangat. Tambahkan potongan tempe goreng jika suka supaya lebih lengkap.
Sekian resep ikan asin gejrot khas Cianjur. Selamat menikmati hidangan Anda dan salam koki! Sampai jumpa di resep-resep berikutnya untuk hidangan yang istimewa!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D