Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 13 Maret 2016

Resep Membuat Palai Udang Khas Sumatera Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Palai Udang Khas Sumatera Selatan – Tak henti-hentinya kami mengingatkan Anda bahwa sajian khas Palembang, Sumatera Selatan memang sangat identik dengan bahan utama hasil laut. Pempek, mie celor, model tahu dan celimpungan sudah membuktikannya. Masing-masing hidangan tersebut berbahan utama ikan tenggiri dan udang. Rasanya lezat dan Anda pasti tidak akan melewatkannya ketika berkunjung ke sana untuk berlibur.

Bila menyantap pempek sudah membuat Anda bosan, terutama karena hidangan tersebut sudah bisa didapatkan dengan mudah di berbagai kota. Anda bisa mencoba alternatif lain, yang masih merupakan hidangan gurih dengan bahan utama hasil laut. Adalah resep palai udang khas Sumatera Selatan yang menghasilkan hidangan unik dengan bahan utama udang pancet.
Palai Udang Khas Sumatera Selatan
Palai Udang Khas Sumatera Selatan
Sajian yang dibuat dengan resep palai udang khas Sumatera Selatan ini bisa dibilang mirip dengan pepes, karena bahan yang digunakan hampir sama. Bedanya, kalau pepes biasanya berbahan utama ikan seperti tongkol, ikan kakap dan lain sebagainya. Sedangkan udang yang dipepes juga mungkin baru Anda dengar kali ini. Selain itu, proses penyajiannya juga dengan cara dibungkus dalam daun pisang dan dikukus selama beberapa menit.

Yang membuatnya sedap adalah karena terdapat potongan daun pandan dan memberi aroma nikmat saat pertama kali menyantap hidangan dari resep palai udang khas Sumatera Selatan ini. Dibungkus dalam daun pisang juga membuat hidangan ini tambah nikmat. Anda harus segera mencobanya!

Bahan:

  • ½ kg udang pancet
  • 3 lembar daun pandan, potong menjadi 2 bagian
  • 1 sendok teh garam
  • 5 sendok makan minyak goreng
  • Daun pisang secukupnya

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 4 buah cabai merah besar, digiling
  • 10 lembar daun kemangi
  • 1 ons parutan kelapa

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan keseluruhan bahan dan bumbu yang diperlukan untuk mengolah palai udang
  2. Setelah itu, kupas udang dan belah punggungnya. Cuci sampai bersih kemudian campur dengan garam serta bumbu halus
  3. Aduk hingga merata. Kalau sudah, baru siapkan daun pisang dan tata daun pandan di atasnya.
  4. Tambahkan adonan udang lalu bungkus dan semat dengan lidi. Lakukan sampai selesai lalu kukus palai udang tersebut selama kurang lebih 25 menit
  5. Jika sudah matang, angkat dan sajikan di piring saji. Hidangan palai udang khas Sumatera Selatan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Cakalang Fufu Khas Sulawesi Utara
Itulah resep palai udang khas Sumatera Selatan yang bisa Anda nikmati hasilnya sekarang. Dalam pengolahannya, Anda bisa menambahkan cabai rawit untuk memberikan sensasi pedas. Beri juga potongan tomat untuk menambah kesegaran. Selamat menikmati hidangan Anda dan salam koki. Jangan lupa mencoba resep-resep lainnya dari kami!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D