Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 06 April 2016

Resep Membuat Bilus Khas Madura

Advertisement
Advertisement

Resep Bilus Khas Madura – Kue kering khas Indonesia memang banyak macamnya. Mulai dari warna, bentuk, rasa dan bahan pembuatnya. Kue-kue tersebut bisa ditemui terutama kalau hari raya lebaran maupun ketika kumpul-kumpul keluarga. Yang paling banyak disajikan adalah nastar, putri salju, kue kacang, pastel kering dan masih banyak lagi.

Namun, kalau Anda ke Madura pasti akan disuguhi kue yang satu ini. Bilus, adalah kue yang terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, santan dan aneka bahan lainnya. Kue tersebut dibuat dengan resep bilus khas Madura yang menghadirkan sensasi rasa nikmat pada sajiannya.
Bilus Khas Madura
Bilus Khas Madura
Terutama dengan adanya santan yang turut memberi rasa gurih pada kue bilus. Karena seperti yang kita ketahui, kue kering di Indonesia jarang yang menggunakan santan sebagai campurannya. Oleh karena itu, sajian yang dibuat dengan resep bilus khas Madura ini patut dicoba!

Tak hanya mudah dibuat, bilus juga memiliki bentuk yang unik disamping rasanya yang nikmat pula. Bentuk bilus mirip dengan obat nyamuk, tapi lebih kecil. Walaupun banyak yang mengkreasikan dengan bentuk lainnya, tapi bilus lebih identik dengan bentuk tersebut. Jadi, kalau Anda penasaran bisa langsung membuatnya dengan resep bilus khas Madura di bawah ini!

Bahan:

  • 1 ons tepung beras
  • ¼ ons tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok makan tepung kanji
  • ¾ ons gula pasir
  • ¼ sendok teh garam
  • 25 ml santan dari ¼ butir kelapa
  • 2 butir telur
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah bilus khas Madura sesuai takaran di atas
  2. Kedua, ambillah wadah untuk mengocok telur bersama gula hingga larut. Tuangi santan sedikit demi sedikit sembari tetap diaduk rata
  3. Dalam wadah lain, campur tepung terigu, tepung beras, tepung kanji dan garam sedikit. Lalu tuangkan adonan kocokan telur tadi ke dalamnya
  4. Aduk-aduk hingga merata dan teksturnya pas. Sesudah itu panaskan minyak terlebih dahulu. Sementara menunggu, masukkan adonan ke dalam kantung plastik segitiga
  5. Lubangi ujungnya lalu semprot melingkar seperti bentuk obat nyamuk di atas minyak panas tadi
  6. Gorenglah bilus sampai matang dan kering. Lakukan langkah ini sampai adonan habis, lalu tiriskan
  7. Sajikan di piring saji sebelum menyimpannya dalam toples. Hidangan bilus khas Madura siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Sayur Kembang Kol Jamur Khas Kalimantan Selatan
khas MaduraResep bilus khas Madura di atas akan menghasilkan ¼ kg bilus yang bisa Anda hidangkan di toples untuk suguhan hari raya. Dalam menggorengnya, Anda bisa membentuk bilus sesuai selera. Bisa dibuat memanjang, seperti obat nyamuk atau bertumpuk-tumpuk. Selamat mengolah dan menikmatinya. Salam koki! Jangan lupa tunggu resep-resep baru dari kami!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D