Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 23 April 2016

Resep Membuat Sayur Loncom Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sayur Loncom Khas Jogja – Kebanyakan orang sakit atau tidak memiliki daya tahan yang cukup kuat pada penyakit dikarenakan makan yang tidak teratur, kurangnya asupan gizi dan kurang mengkonsumsi air putih serta istirahat yang cukup. Dan yang paling banyak terjadi adalah yang kedua, yakni kurang asupan gizi.

Banyak orang yang tidak mau makan sayuran karena banyak alasan. Tidak suka, karena rasanya pahit atau karena malas mengolahnya. Tapi, sebenarnya sayuran kalau diolah menjadi makanan yang lezat seperti pada resep sayur loncom khas Jogja ini, justru enak, kok. Rasa pahitnya juga tidak bakal terasa lagi, malah segar karena dipadu dengan kuahnya yang bening.
Sayur Loncom Khas Jogja
Sayur Loncom Khas Jogja
Dalam resep sayur loncom khas Jogja, sayur yang digunakan adalah kol dan buncis. Namun, sebelum membahas lebih jauh bahan serta cara membuatnya, kami akan memberitahu Anda manfaat atau kandungan gizi yang dimiliki masing-masing sayuran di atas.

Buncis, sayur sejenis polong-polongan yang memiliki kandungan vitamin dan protein. Buncis juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki hypertensi atau tekanan darah tinggi. Dan karena itu, buncis juga cocok mencegah penyakit diabetes dan melindungi metabolisme gula darah. Cocok sekali, bukan sajian resep sayur loncom khas Jogja ini dikonsumsi Anda yang memiliki masalah dalam hal tersebut. Tapi, pilih buncis muda, ya supaya tidak terlalu keras.

Lain halnya dengan buncis, kol atau kubis ini merupakan sayuran yang rendah lemak serta kolesterol. Sangat disarankan mengkonsumsi kol setiap hari, mengingat kandungan serat yang sangat penting untuk sistem pencernaan Anda. Sehingga penyakit sembelit maupun radang lambung dapat teratasi jika Anda mengkonsumsi kol lewat hidangan resep sayur loncom khas Jogja ini.

Bahan:

  • 4 lembar daun kol, potong sesuai selera
  • 1 ons buncis, potong sesuai selera
  • 1 ons tauge, disiangi
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ½ liter air kaldu

Bumbu Halus:

  • ¾ sendok teh gula merah
  • 3 ½ sendok teh garam
  • 4 buah cabai rawit merah
  • 8 siung bawang putih

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sajian sayur loncom khas Jogja
  2. Kedua, masak air kaldu dalam panci sampai mendidih
  3. Lalu, masukkan bumbu halus bersama dengan lengkuas serta daun salam. Aduk dan tunggu sampai mendidih kembali
  4. Kemudian, masukkan potongan kol, buncis dan tauge. Masak sambil diaduk hingga matang. Angkat
  5. Terakhir, sajikan sayur loncom di mangkuk saji untuk segera dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Sate Ayam Khas Kalimantan Selatan
Resep sayur loncom khas Jogja di atas akan menghasilkan kurang lebih 7 porsi sajian. Nikmati sajian ini dengan nasi putih hangat bersama keluarga. Semoga berhasil dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D