Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 11 April 2016

Resep Membuat Sup Ikan Nila Khas Cianjur

Advertisement
Advertisement

Resep Sup Ikan Nila Khas Cianjur – Cianjur bisa dibilang kota kecil yang ada di Jawa Barat. Namun, kota ini ternyata menyimpan surga kuliner yang luar biasa, di samping udaranya yang sejuk dan masih alami. Kuliner-kuliner tersebut antara lain, sate lidah semur, sate maranggi, udang gimbal dan sup ikan nila. Akan tetapi, yang akan kami bahas kali ini adalah hidangan dari resep sup ikan nila khas Cianjur.

Tidak berbeda dengan sup ikan gurame yang ada di Tasikmalaya, sup ikan nila ini juga dihadirkan dengan cara berbeda. Meskipun bahan utama dalam resep sup ikan nila khas Cianjur adalah potongan ikan nila, tetap saja menggunakan bahan lainnya seperti potongan tomat hijau, belimbing sayur dan daun kemangi. Berbeda dengan sup ikan gurame yang berbahan sayur wortel, daun bawang dan kemangi.
Sup Ikan Nila Khas Cianjur
Sup Ikan Nila Khas Cianjur
Justru karena itu, sup ikan nila banyak dipilih sebagai sajian untuk makan siang. Hal itu dikarenakan pemilihan bahan sayur yang digunakan. Bahan lain yang telah disebutkan tadi memberikan kesegaran tersendiri pada sup ikan tersebut. Cukup segar, bukan untuk kuliner di siang hari? Maka dari itu, Anda harus coba membuat hidangan ini dengan resep sup ikan nila khas Cianjur. Prosesnya sangat mudah dan tidak akan membuat Anda bingung, kok!

Bahan:

  • 3 ekor ikan nila, potong-potong
  • 4 buah belimbing sayur, potong-potong
  • 4 buah tomat hijau, potong-potong
  • 3 tangkai kemangi, petiki daunnya
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 4 butir bawang merah, iris-iris
  • 2 siung bawang putih, iris-iris
  • 1 cm jahe, memarkan
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 ¾ liter air

Cara Membuat:

  1. Pertama, Anda harus menyiapkan semua bahan yang diperlukan untuk mengolah sup ikan nila khas Cianjur
  2. Setelah itu, cuci bersih potongan ikan nila dan tiriskan. Lakukan juga hal yang sama pada potongan tomat hijau dan belimbing sayur
  3. Kemudian rebuslah bawang putih, bawang merah dan jahe sampai harum. Tambahkan potongan ikan nila, tomat hijau dan belimbing sayur
  4. Beri garam serta gula lalu aduk hingga rata. Masaklah campuran tersebut sampai benar-benar matang
  5. Ketika akan diangkat, Anda bisa menambahkan daun kemangi. Sajikan sup ikan nila khas Cianjur di mangkuk saji
  6. Hidangan bisa lekas disantap!

Baca Juga : Resep Membuat Iwak Rabuk Khas Kalimantan Selatan
Resep sup ikan nila khas Cianjur di atas akan menghasilkan 6 porsi hidangan. Anda bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat. Tambahkan sambal tomat atau sambal bawang untuk menyantapnya supaya lebih nikmat. Anda juga bisa memberi irisan cabai rawit merah agar kuah gurihnya memiliki sensasi pedas. Salam koki dan selamat berkreasi!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D