Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 31 Mei 2016

Resep Membuat Bir Kocok Khas Bogor

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Bir Kocok Khas Bogor – Membicarakan minuman hangat di musim dingin seperti ini memang sangat bermanfaat. Apalagi Indonesia memiliki banyak sekali minuman hangat yang patut Anda coba ketika musim dingin di malam hari. Minuman-minuman tersebut banyak dijual pedagang keliling maupun di warung-warung pinggir jalan.

Ada bandrek dari Cianjur yang sangat terkenal, bahkan dijadikan lagu dalam suatu acara talkshow di stasiun TV swasta. Bandrek adalah minuman hangat yang terbuat dari campuran gula merah, jahe bakar, cengkeh, kayu manis serta ditambah bahan isian berupa kolang-kaling dan nata de coco. Ada pula wedang ronde dari Malang dengan isian ronde, kolang-kaling, sagu mutiara, lengkeng dan juga potongan roti tawar. Disajikan dengan sirup jahe tentunya. Namun, yang akan kami bahas kali ini adalah minuman hangat dari resep bir kocok khas Bogor.
Bir Kocok Khas Bogor
Bir Kocok Khas Bogor
Tenang saja, minuman tersebut bukan bir yang dijual di swalayan dan mengandung alkohol seperti yang Anda bayangkan. Bir kocok adalah nama minuman hangat yang biasa dijual dalam kemasan botol dengan campuran secang, cengkeh, kapulaga, jahe, kayu manis serta gula merah dalam resep bir kocok khas Bogor. Minuman tersebut sangat dirindukan ketika musim dingin seperti ini.

Bagi Anda yang ingin tahu proses pembuatannya, simak saja resep bir kocok khas Bogor di bawah ini supaya tidak kebingungan.

Bahan:

  • 25.000 ml air
  • 1 ons secang
  • 10 gram cengkeh
  • 45 gram kapulaga
  • 3.000 gram jahe
  • 1 ½ ons kayu manis
  • 3.250 gram gula merah

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkanlah seluruh bahan dan perlengkapan seperti botol kaca yang dibutuhkan untuk membuat bir kocok khas Bogor
  2. Kedua, ambil gula merah yang telah disiapkan lalu sisir halus semuanya. Ulangi sampai habis
  3. Selanjutnya, bakar jahe sebanyak takaran di atas. Angkat dan kupas kulitnya, lalu memarkan
  4. Berikutnya, rebus air secukupnya dalam panci besar sampai mendidih. Masukkan botol kaca untuk direbus selama beberapa saat
  5. Lalu tiriskan botol tersebut dan dinginkan beberapa menit.
  6. Sementara itu, rebus air sesuai takaran bersama secang, kapulaga, cengkeh, kayu manis dan jahe hingga harum
  7. Gunakan api kecil supaya matang merata dan pas.
  8. Kemudian masukkan sisiran gula merah sambil diaduk rata sampai gula larut.
  9. Terakhir, saringlah bir kocok lalu masukkan ke dalam botol kaca tadi
  10. Lakukan langkah tersebut sampai semua botol terisi dan siap disajikan. Masukkan masing-masing 1,2 liter dalam botol kaca tersebut
  11. Bir kocok siap dinikmati

Baca Juga : Resep Soto Pekanbaru yang Lezat
Resep bir kocok khas Bogor di atas akan menghasilkan 20 botol minuman. Anda bisa menjualnya di toko-toko dengan cap produksi dari industri rumah tangga Anda. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D