Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 06 Mei 2016

Resep Membuat Empek-Empek Jagung Khas Madura

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Empek-Empek Jagung Khas Madura – Pempek adalah makanan khas Palembang, Sumatera Selatan yang banyak digemari masyarakat, baik masyarakat Palembang asli maupun yang berasal dari luar kota. Makanan ini memang seperti magnet, karena bisa membius penikmatnya dengan rasa yang unik dan penampilan menarik. Apalagi kalau diolah dengan bahan-bahan dan bumbu yang pas sesuai takaran.

Tidak hanya bisa dijumpai di Palembang saja, pempekpun sudah memperluas pasarnya di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Pulau Jawa, Kalimantan dan masih banyak lagi. Meskipun mencicipi pempek di kota asalnya jauh lebih nikmat, namun tetap saja Anda bisa menghadirkan hidangan tersebut di rumah seperti yang akan dilakukan pada resep empek-empek jagung khas Madura ini.
Empek-Empek Jagung Khas Madura
Empek-Empek Jagung Khas Madura
Kalau biasanya pempek berbahan utama ikan tenggiri dan campuran bumbu lainnya, kali ini Anda akan dikenalkan dengan sebuah pempek yang bisa dibilang tidak lazim serta unik. Namanya adalah pempek atau empek-empek jagung. Makanan ini memang berbahan utama jagung yang telah dipipili lalu diolah bersama bahan lainnya, termasuk parutan kelapa muda dan tepung maizenna menggunakan resep empek-empek jagung khas Madura.

Pempek yang sudah dibuat lalu dibungkus dengan kulit jagung. Alhasil, Anda bisa menikmatinya dengan segera. Membuatnya dengan resep empek-empek jagung khas Madura tidaklah sulit, apalagi bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapat dan prosesnya tidak menyita banyak waktu Anda. Selamat mengolahnya dan semoga berhasil dengan resep empek-empek jagung khas Madura di bawah ini!

Bahan:
  • 5 ½ ons jagung manis, dipipili
  • 1 ½ ons tepung maizenna
  • 2 ons kelapa muda, parut kasar
  • ¾ ons gula pasir
  • 3 butir kuning telur
  • 100 ml air
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh vanili
  • Kulit jagung secukupnya
Cara Membuat:
  1. Langkah pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah empek-empek jagung khas Madura
  2. Kemudian Anda bisa mencuci bersih jagung yang telah dipipili dan meniriskannya.
  3. Rebus jagung tersebut sampai matang selama beberapa saat. Angkat lalu tiriskan
  4. Sesudah itu, silahkan mencampur maizenna bersama kuning telur, air secukupnya, gula pasir, vanili, garam dan parutan kelapa
  5. Aduk adonan tersebut sampai rata lalu bungkus dengan kulit jagung yang telah dicuci bersih
  6. Lakukan langkah ini sampai adonan habis lalu kukus selama 25 menit sampai matang
  7. Angkat lalu sajikan empek-empek jagung khas Madura di piring saji. Hidangan siap dinikmati
Baca Juga : Resep Membuat Kue Semprong Khas Karawang
Resep empek-empek jagung khas Madura di atas akan menghasilkan 30 buah sajian. Anda bisa menghidangkannya bersama campuran lainnya, seperti keju, coklat ataupun es krim rasa vanila. Semoga Anda bisa menyajikannya dengan baik dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D