Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 03 Mei 2016

Resep Membuat Onde-Onde Ketawa Khas Nganjuk

Advertisement
Advertisement

Resep Onde-Onde Ketawa Khas Nganjuk – Anda pernah menyantap onde-onde? Ya, makanan berbentuk bulat dengan taburan wijen di seluruh permukaan luarnya dan juga campuran kacang hijau sebagai isiannya tersebut memang sudah terkenal di seluruh Nusantara. Kekhasan rasanya juga membuat acara santai di rumah menjadi lebih nikmat. Tapi, sebenarnya ada satu onde-onde yang tidak boleh Anda lewatkan untuk mengisi waktu santai. Apa itu?

Onde-onde ketawa yang adalah makanan khas Nganjuk memiliki rasa yang tak jauh berbeda dengan onde-onde pada umumnya, yaitu enak. Namun, onde-onde ketawa ini merupakan kue kering tanpa isian yang terbuat dari tepung terigu, wijen, gula pasir dan juga bahan-bahan lainnya. Rasanya sangatlah nikmat dan cocok untuk Anda yang sedang bingung mencari camilan. Kenapa rasa onde-onde ketawa bisa seenak itu? Karena mereka menghasilkannya dari resep onde-onde ketawa khas Nganjuk.
Onde-Onde Ketawa Khas Nganjuk
Onde-Onde Ketawa Khas Nganjuk
Anda penasaran dengan resep tersebut? Panduan resep onde-onde ketawa khas Nganjuk sudah ada sejak dulu. Jadi, resep ini merupakan resep turun temurun dari nenek moyang yang sampai sekarang masih digunakan. Kalau sudah demikian, Anda bisa mengolahnya di rumah, lho! Silahkan membaca resepnya di bawah ini supaya tidak kebingungan saat proses pengolahan berlangsung.

Bahan:
  • 3 ons tepung terigu protein sedang
  • 1 ¾ ons gula pasir
  • 1 ons wijen pelapis
  • 1 butir telur
  • 100 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
  • ½ sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh soda kue
Cara Membuat:
  1. Pertama, Anda harus mendidihkan air lalu menambahkan gula pasir hingga larut. Ukur satu gelas rebusan air dan kemudian dinginkan
  2. Kocok telur bersama minyak goreng hingga rata. Tambahkan sirup gula sedikit demi sedikit sembari tetap dikocok rata
  3. Tambahkan baking powder, soda kue dan tepung terigu sembari diayak serta diaduk merata. Kalau sudah, timbang masing-masing adonan seberat 10 gram lalu bentuk menjadi bulatan-bulatan
  4. Lakukan hingga adonan habis. Setelah itu celupkan ke dalam wadah berisi air, angkat dan gulingkan di wadah berisi wijen
  5. Panaskan minyak lalu goreng onde-onde ketawa yang sudah bertabur wijen hingga matang. Angkat lalu tiriskan
Baca Juga : Resep Membuat Tauge Goreng Khas Bogor
Resep onde-onde ketawa khas Nganjuk di atas sangat cocok untuk dijadikan panduan dalam menghadirkan sajian di acara-acara tertentu. Sebab, hasil yang Anda dapatkan adalah 60 buah onde-onde ketawa. Namun, kalau Anda hanya ingin menjadikannya camilan saja, simpan dalam toples yang tertutup rapat. Onde-onde ini bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Nah, usai sudah resep onde-onde ketawa khas Nganjuk. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda serta tetangga dan teman-teman. Selanjutnya selamat berkreasi dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D