Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 05 Mei 2016

Resep Membuat Suwar-Suwir Khas Jember

Advertisement
Advertisement

Resep Suwar-Suwir Khas Jember – Jenang atau dodol merupakan makanan khas Indonesia yang sudah cukup terkenal. Makanan ini ada di beberapa daerah, seperti Garut, Betawi, Jawa Tengah dan sebagainya. Dengan ciri khas yang melekat, yaitu rasa manis serta legit yang menggoda lidah membuat para penikmatnya kian bertambah. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang berkunjung ke Garut hanya untuk mencicipi oleh-oleh khasnya tersebut.

Akan tetapi, tidak hanya Garut dan beberapa kota lain saja yang memiliki hidangan dodol. Jember juga punya! Apa itu? Kalau di Jember namanya bukan dodol, melainkan suwar-suwir. Sebenarnya kalau dilihat dari namanya, orang-orang akan mengira bahwa suwar-suwir ini adalah sajian ayam goreng. Tapi, ternyata salah, karena makanan ini sejenis dodol yang memiliki rasa manis dan legit yang sama. Kalau Anda ke Jember, jangan lupa untuk mencicipinya karena banyak dijual di beberapa tempat. Dengan rasa yang nikmat, makanan ini dibuat dari resep suwar-suwir khas Jember.
Suwar-Suwir Khas Jember
Suwar-Suwir Khas Jember

Tapi, Anda juga bisa membuatnya di rumah dengan resep tersebut. Jika waktu liburan sudah tiba dan Anda bingung ingin memasak apa untuk camilan anak-anak, silahkan membaca resep suwar-suwir khas Jember di bawah ini dan ikuti langkah yang ada. Tenang saja karena cara membuatnya sangat sederhana. Anda sudah pasti bisa mengikutinya dengan baik.

Bahan:
  • 1 ons tape masak
  • ¼ kg gula merah
  • 3 ons gula pasir
  • ½ kg tepung ketan
  • ½ ons tepung beras
  • 1 gelas santan kental
  • ¾ liter susu cair
  • 3 sendok teh garam
Cara Membuat:
  1. Langkah pertama untuk membuat suwar-suwir adalah menyiapkan semua bahannya dengan lengkap
  2. Kemudian Anda bisa mencampur semua bahan, seperti tepung ketan, tepung beras, tape masak dan juga garam hingga benar-benar rata. Sisihkan dulu
  3. Kalau sudah, siapkan susu cair, gula merah yang sudah dimasak dan juga disaring, dan gula pasir lalu masukkan ke dalam campuran tepung tadi.
  4. Aduk-aduk hingga rata sampai menjadi bubur. Kemudian tuangkan santan kental sedikit demi sedikit sembari tetap diaduk rata dan mengental. Angkat
  5. Siapkan cetakan atau loyang lalu tuang adonan ke dalamnya. Dinginkan selama beberapa saat lalu potong-potong memanjang seperti dodol
  6. Sajikan di piring saji untuk segera dinikmati
Baca Juga : Resep Membuat Kupat Tahu Khas Semarang
Nah, Anda bisa juga membungkus suwar-suwir dalam plastik kecil seperti ketika Anda membungkus dodol. Rasanya akan jauh lebih nikmat dan bisa disantap disimpan dengan tahan lama. Selain itu, Anda harus memasaknya juga menggunakan resep suwar-suwir khas Jember supaya kelezatan rasanya tercipta. Jangan lupa bagikan resep dan hasil hidangan Anda kepada tetangga dan teman-teman, ya! Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D