Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 12 Juni 2016

Resep Membuat Kue Serabi Gonjing Khas Cirebon

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Serabi Gonjing Khas Cirebon – Sebelumnya kami telah membahas kue koci dari Cirebon, sebuah sajian unik yang berbahan utama tepung ketan sebagai kulitnya dan juga isian berupa parutan kelapa atau campuran kacang hijau. Sajian yang menarik tersebut disajikan dengan cara dibungkus daun pisang lalu disantap bersama saus santan. Jangan lewatkan kalau Anda berkunjung ke Cirebon, ya!

Nah, kalau kali ini yang akan kami bahas adalah kue yang sudah Anda kenal dan bahkan bisa ditemukan di beberapa tempat dengan varian yang berbeda. Serabi. Kue yang kami maksud tersebut terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung terigu serta santan. Di Solo, serabi biasa disantap dengan saus kinca atau saus santan. Di tempat lain ada yang diberi isian atau taburan oncom serta yang akan kami berikan informasinya pada Anda, yaitu resep kue serabi gonjing khas Cirebon.
Kue Serabi Gonjing Khas Cirebon
Kue Serabi Gonjing Khas Cirebon
Apa perbedaan kue serabi gonjing dengan serabi lainnya? Serabi gonjing adonannya dicampur dengan parutan atau irisan kelapa. Jadi, rasanya lebih gurih. Walaupun bahan adonannya sama, tapi ketika sudah diolah dan dicicipi pasti akan terasa bedanya. Anda bisa membuktikannya sendiri ketika sudah mengolah sajian ini dengan resep kue serabi gonjing khas Cirebon.

Di bawah ini adalah panduan lengkap membuatnya, jadi Anda harus memperhatikan dengan baik bagaimana cara kerja resep kue serabi gonjing khas Cirebon!

Bahan:

  • 1.000 gram tepung terigu
  • 1.000 gram tepung beras
  • 2.000 gram kelapa, parut atau iris tipis-tipis
  • Santan secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, persiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah sajian serabi gonjing khas Cirebon
  2. Kedua, ambil ember atau wadah besar untuk mencampur bahan-bahan seperti tepung terigu, tepung beras dan parutan kelapa
  3. Selanjutnya, aduk-aduk sampai rata sambil menuanginya dengan santan secukupnya. Biarkan adonan tidak terlalu encer dan tidak pula terlalu kental
  4. Setelah itu, siapkan cetakan serabi dan taruh di atas kompor dengan api sedang. Panaskan dulu. Cetakan yang digunakan hampir sama dengan cetakan pukis.
  5. Lalu kalau sudah panas, tuangkan adonan dalam cetakan kemudian tutup dan biarkan selama beberapa saat
  6. Kemudian, cek serabi sesekali apakah sudah kering atau belum. Jika sudah, baru angkat dan sajikan di piring saji
  7. Ulangilah langkah tersebut sampai seluruh adonan habis. Hidangkan di piring saji bersama serabi lainnya lalu segera nikmati

Baca Juga : Resep Membuat Pampis Cakalang Khas Sulawesi Utara
Itulah resep kue serabi gonjing khas Cirebon yang bisa Anda coba buat di rumah. Sedikit tips, untuk menambah rasa gurih dan manis Anda bisa menambahkan gula pasir sebagai campuran bahannya. Beri topping aneka rasa, seperti parutan keju atau coklat supaya tambah lezat dan tampilannya menarik. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D