Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 27 Juni 2016

Resep Membuat Rempah Kelapa Khas Semarang

Advertisement
Advertisement

Resep Rempah Kelapa Khas Semarang – Karena beberapa waktu yang lalu kami sudah membahas jajanan atau hidangan terkenal di Semarang, Jawa Tengah seperti lumpia, kali ini kami akan mencoba mengenalkan pada Anda beberapa hidangan yang mungkin masih asing di telinga Anda selama ini.

Hidangan-hidangan tersebut adalah oseng-oseng jagung muda dan juga camilan serta lauk yang diolah dengan resep rempah kelapa khas Semarang. Kalau oseng-oseng jagung, seperti tumis pada umumnya. Dibuat dari jagung putren, hati ampela ayam dan petai yang diolah bersama campuran santan. Sajian kental ini lebih cocok dijadikan lauk makan siang, karena rasanya yang gurih dan sedap.
Rempah Kelapa Khas Semarang
Rempah Kelapa Khas Semarang
Berikutnya adalah resep kali ini, yaitu resep rempah kelapa khas Semarang. Bagi yang belum mengetahui rempah kelapa, makanan ini bisa dibilang seperti jajanan yang berbentuk lonjong dengan bahan utama parutan kelapa. Namun, ada pula yang menjadikannya sebagai lauk maupun pelengkap teman nasi.

Rasa makanan yang dibuat dari resep rempah kelapa khas Semarang ini sangat gurih, sebab menggunakan campuran kelapa parut dengan kocokan telur. Bumbu-bumbunya berupa ketumbar, bawang putih, garam dan gula pasir. Ketika digoreng, pastikan sudah harus matang dan berwarna kecoklatan. Supaya rasanya bisa pas di lidah Anda.
Nah, mari lanjutkan membaca resep rempah kelapa khas Semarang dan menyajikannya sebagai lauk tambahan untuk keluarga. Selamat mencoba!

Bahan:

  • 4 ons kelapa diparut kasar
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Minyak goreng secukupnya
  • ½ sendok teh ketumbar
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan untuk mengolah sajian rempah kelapa khas Semarang
  2. Kedua, haluskanlah bawang putih bersama garam sampai halus rata. Tambahkan gula pasir serta ketumbar agar lebih pas rasanya
  3. Setelah itu, campurkan bumbu yang sudah dihaluskan tersebut bersama parutan kelapa hingga rata
  4. Kemudian masukkan kocokan telur sambil diaduk agar tercampur.
  5. Lalu bentuklah adonan menjadi lonjong sembari dipadatkan. Lakukan langkah ini sampai selesai.
  6. Selanjutnya, panaskan minyak kurang lebih ¼ liter untuk menggoreng rempah kelapa berbentuk lonjong tersebut
  7. Gunakan api sedang untuk menggorengnya agar bisa matang merata. Tiriskan
  8. Sajikan rempah kelapa khas Semarang di piring saji dan siap untuk dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Gudeg Koyor Khas Semarang
Resep rempah kelapa khas Semarang di atas akan menghasilkan 22 buah sajian. Jika disajikan sebagai camilan, Anda bisa mencocolkannya pada saus sambal ataupun kecap. Untuk pelengkap nasi juga bisa, apalagi lauknya sayur bening ataupun lodeh terong. Rasa pedas yang dikombinasikan dengan rempah kelapa akan tambah membuatnya lezat. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D