Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 30 Juni 2016

Resep Membuat Sayur Bening Tempe Khas Tegal

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sayur Bening Tempe Khas Tegal – Tegal mempunyai sayur asem yang berbeda dengan sayur asem pada umumnya. Makanan ini memiliki rasa yang unik di samping asam yang kuat. Ada bonus berupa rasa pedas, manis dan asin yang berpadu jadi satu menemani rasa asam itu sendiri. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga hampir semuanya berbeda.

Ada daun melinjo serta bijinya, pepaya muda, nangka muda, jagung manis dan juga biji kedelai. Yang tetap ada dalam olahan ini adalah kacang panjangnya. Bumbunya pun beragam, mencampurkan lengkuas, bawang merah, bawang putih, kemiri, asam Jawa bersama terasi. Dijamin Anda akan dimanjakan dengan penuh oleh sajian ini. Namun, pada resep sayur bening tempe khas Tegal ini juga tidak akan kalah, kok dengan sayur asamnya.
Bening Tempe Khas Tegal
Bening Tempe Khas Tegal
Sesuai dengan namanya, sayur bening tempe pastilah berbahan utama potongan tempe. Bumbu yang digunakan tidak begitu banyak. Hanya ada irisan bawang merah, cabai merah, lengkuas, daun salam, garam dan juga gula pasir. Sebenarnya bisa menambahkan penyedap rasa dalam resep sayur bening tempe khas Tegal, tapi jika Anda suka tentunya.

Sebab, terkadang orang tidak menyukai penyedap rasa karena dirasa kurang baik untuk kesehatan. Meskipun begitu, tidak sedikit pula yang menggunakannya dengan alasan lidah mereka lebih suka jika dicampur penyedap rasa dalam masakan resep sayur bening tempe khas Tegal. Bagaimanapun Anda mengolahnya, resep yang kami berikan ini sangat mudah diterapkan. Jadi, mari langsung mencobanya!

Bahan:

  • 3 ½ ons tempe, potong-potong kotak
  • 1,2 liter air
  • 5 butir bawang merah, iris halus
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 buah cabai merah besar, iris menyerong
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan garam

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah sajian sayur bening tempe khas Tegal
  2. Kedua, rebuslah air bersama irisan bawang merah, cabai merah besar dan lengkuas beserta daun salam sampai mendidih
  3. Lalu biarkan aroma wangi tercium dari kuah sayur bening tempe tersebut.
  4. Kemudian, masukkanlah potongan tempe lalu beri gula pasir dan garam.
  5. Selanjutnya, tunggu sajian hingga matang.
  6. Terakhir, angkat dan sajikan di mangkuk saji. Hidangan sayur bening tempe khas Tegal siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Gudeg Koyor Khas Semarang
Resep sayur bening tempe khas Tegal di atas akan menghasilkan 5 porsi sajian. Karena isiannya berupa potongan tempe, Anda bisa menambahkan aneka bahan seperti sayur hijau dan kuning supaya lebih berwarna. Nikmati dengan pedasnya sambal tomat dipadukan lauk kerupuk kampung ataupun tahu goreng. Semoga Anda bisa menyukai hidangan ini dan selamat menikmati! Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D