Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 07 Juli 2016

Resep Membuat Es Legen Khas Rembang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Es Legen Khas Rembang – Rembang adalah sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang ternyata mempunya aneka kuliner istimewa. Kuliner-kuliner tersebut diantaranya sayur dan botok mangut, ungker-ungker, sate kikil, gulai tempe dan masih banyak lagi. Ada pula minuman khas sana yang biasa disebut wedang gaul oleh masyarakat sekitar.

Wedang gaul adalah minuman berbahan utama kacang tanah kulit dan berkuah campuran air, gula merah, garam dan juga asam Jawa. Memang sedikit lebih sederhana dibanding ronde yang isiannya bermacam-macam. Tapi, sebenarnya ada juga minuman lain dari Rembang yang tak kalah enaknya. Minuman tersebut adalah sajian dari resep es legen khas Rembang.
Es Legen Khas Rembang
Es Legen Khas Rembang
Legen merupakan minuman tradisional Rembang, Jawa Tengah yang bahan bakunya legen itu sendiri. Legen sendiri berasal dari pohon siwalan yang jenis perempuan, yang pada bunganya dipotong sedikit demi sedikit untuk kemudian disadap airnya dan ditampung pada wadah bambu sesuai resep es legen khas Rembang.

Kira-kira satu manggar bunga pada umumnya dapat menghasilkan hingga 6 lumbung atau bambu air. Penyadapan tersebut biasanya dilakukan pada sore hari sampai menjelang pagi harinya. Legen sendiri juga dapat diperoleh dari pohon kelapa dengan cara yang sama dengan siwalan tadi. Air pada buah kelapa yang masih dalam kerucut itulah yang dijadikan legen atau gula kelapa. Air siwalan yang asli akan dengan mudah terfermentasi selama kurang lebih 4 jam. Yuk, mari mencoba resep es legen khas Rembang.

Bahan:

  • 1 liter legen murni
  • 5 buah pupus daun siwalan
  • Sari manis secukupnya
  • 4 liter air

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah es legen khas Rembang sesuai takaran di atas
  2. Kedua, rebus air dalam panci lalu tambahkan legen murni dan aduk perlahan-lahan hingga tercampur
  3. Lalu beri 5 buah pupus daun siwalan dan sari manis sambil tetap diaduk rata hingga mendidih.
  4. Terakhir, matikan kompor lalu angkat es legen. Biarkan hingga mendingin selama beberapa saat
  5. Kemudian sajikan bersama es batu agar lebih dingin. Selamat menikmati es legen khas Rembang

Baca Juga : Resep Membuat Urap Khas Kalimantan Selatan
Demikianlah resep es legen khas Rembang. Sedikit tips untuk Anda, biasanya penggunaan sari manis yang berlebihan akan membuat Anda batuk atau infeksi tenggorokan dan sebagainya. Jadi, bila ingin menggunakannya lebih baik sedikit saja atau ganti dengan campuran gula. Manisnya sama, walaupun tidak seperti sari manis yang digunakan sedikit saja langsung terasa manisnya.

Dan lagi, menurut resep es legen khas Rembang, minuman legen yang dibuat sendiri seperti ini akan lebih awet. Lebih baik juga langsung diminum atau sekali konsumsi. Semoga resep ini bermanfaat untuk Anda dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D