Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 10 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Daging Domba

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Daging Domba – Banyak yang bertanya-tanya apakah perbedaan daging domba dan daging kambing? Perlu Anda ketahui, bila dilihat secara fisik daging domba berwarna merah muda. Terdapat serat-serat halus yang rapat jaringannya. Banyak terdapat lemak berwarna putih di bawah kulit dan di antara otot-otot.


Kandungan Gizi Dari Daging Domba
Kandungan Gizi Dari Daging Domba
Sedangkan daging kambing, warnanya lebih pucat dengan warna lemak yang sama. Sama dengan daging domba, bau khas ada pada daging kambing jantan. Lalu apa saja masakan yang diolah menggunakan daging domba? Sebenarnya sama dengan daging kambing, resep tongseng kambing itu bisa, kok memakai daging domba. Kalau manfaat dan kandungan gizi dari daging domba apakah sama juga? Simak ulasan berikut!
  1. Kandungan Protein
    Daging merah, yang termasuk di dalamnya yaitu daging sapi, kuda dan domba memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Hal itu sudah bukan rahasia lagi, mengingat terdapat sekitar 17 gram protein dalam 100 gram daging domba. Protein tersebut sangat baik bagi Anda yang sedang giat-giatnya fitness untuk membentuk otot.

    Selain itu, protein dalam daging domba juga bisa mengikat lemak, memberikan energi dan melancarkan pencernaan Anda.

  2. Kalsium Yang Cukup Tinggi
    Sudah pada tahu, kan manfaat kalsium? Ya, kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta memperkuat tulang dan gigi, mencegah osteoporosis dan gangguan atau kelainan pada tulang lainnya. Dalam daging domba ini terdapat kalsium sebanyak 10 mg/100 gram dagingnya.

  3. Fosfor
    Fosfor memiliki manfaat yang sama dengan kalsium, yaitu dalam menjaga kesehatan tulang. Dalam daging domba, terdapat kandungan fosfor yang sangat tinggi, yaitu sekitar 1,91 mg/100 gram daging.

  4. Vitamin
    Vitamin B1
    100 gram daging domba mengandung 0,15 mg vitamin B1. Jumlahnya mungkin sedikit, tapi perlu diketahui bahwa vitamin tersebut berperan untuk menambah energi, menjaga daya tahan tubuh, membantu oksidasi dan mencegah kulit kering atau bersisik.

    Vitamin B2
    Vitamin B2 alias riboflavin ini dimiliki daging kambing dan daging domba. Manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata, menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan syaraf serta mencegah bibir pecah-pecah dan sariawan.

    Vitamin B12
    Vitamin B12 atau kobalamin memiliki manfaat yang sama seperti yang telah disebut di atas, yaitu menjaga kesehatan syaraf, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pembentukan sel darah merah yang bisa mencegah Anda terkena anemia.

  5. Selenium
    Ini lagi manfaat yang ditemukan di daging merah, yaitu selenium. Kandungan selenium dalam daging domba berguna untuk menghasilkan antioksidan. Manfaat dari antioksidan itu sendiri seperti mencegah atau memberi pertahanan pada tubuh agar tidak terserang penyakit, menangkal radikal bebas dan menyehatkan kulit serta organ tubuh lainnya.

  6. Energi
    Daging domba mampu memberikan asupan energi yang cukup untuk Anda. Terbukti dalam 100 gram daging domba terkandung 206 kkal dari jumlah energi yang dibutuhkan perharinya, yaitu sekitar 2000 kkal. Dengan asupan energi tersebut, tubuh jadi lebih kuat untuk melakukan aktifitas, daya tahan tubuh meningkat dan Anda jadi tidak cepat lelah.

  7. Manfaat Lainnya
    Meningkatkan Kolesterol Baik
    Memang benar jika daging domba dan kambing memiliki kolesterol yang tinggi. Namun, kolesterol pada daging domba termasuk jenis HDL atau kolesterol baik yang fungsinya mencerna serta menekan lemak dan melawan kolesterol jahat dalam tubuh.
Ini resep masakan simple yang bisa kamu coba : Resep Membuat Sate Blotongan Khas Salatiga

Daging domba memiliki tekstur yang lebih empuk dari daging kambing. Oleh karena itu, daging tersebut bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang sedang bosan mengkonsumsi daging kambing. Meskipun demikian, manfaat dan kandungan gizi dari daging domba kurang lebih sama dengan yang ada pada saudaranya tersebut. Semoga bermanfaat, ya dan salam masakan!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D