Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 16 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Iga Sapi

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Iga Sapi – Ini, nih bahan makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesa. Diolah sederhana dengan resep membuat iga goreng saja sudah enak, apalagi kalau dicampur di resep bakso balungan khas Demak. Memang banyak cara menyantap iga sapi, tergantung selera Anda.
Kandungan Gizi Dari Iga Sapi
Kandungan Gizi Dari Iga Sapi
Di samping enak, iga sapi ini kaya manfaat. Ada kandungan protein, kalsium dan zat besi di dalamnya. Masing-masing nutrisi tersebut akan kami jelaskan di pada manfaat dan kandungan gizi dari iga sapi di bawah. Walaupun kandungannya hanya ada 5 macam, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda.

  1. Kandungan Protein
    Iga sapi mengandung protein sebanyak 7 gram per 3 ½- oz. Protein tersebut, apabila dikombinasi dengan vitamin D dan kalsium, akan membantu mencegah osteoporosis. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, rebus tulang iga dengan cairan asam seperti jus lemon, cuka atau anggur agar kalsium bisa lepas dari matriks tulang.
  2. Zat Besi
    Zat besi yang terkandung pada iga sapi jumlahnya 480,7 mg. Zat besi tersebut membantu memproduksi myoglobin dan tentu saja hemoglobin dalam sel darah merah. Ia juga membantu mengikat oksigen, lalu meneruskannya ke seluruh tubuh. Terdapat dua jenis zat besi yang aktif pada tubuh manusia, yakni heme-iron dan non-heme-iron. Yang pertama berasal dari daging hewan, ikan serta jeroan sedangkan yang kedua dari tumbuh-tumbuhan.

    Zat besi adalah nutrisi yang penting, terutama untuk membantu kerja otot serta pertumbuhan sel. Tidak seperti kalsium, zat besi 100% berasal dari sumber luar seperti yang disebutkan.
  3. Kalsium
    Sudah disebutkan manfaatnya pada kandungan protein di atas. Selain dengan protein, kalsium juga bekerja sama dengan natrium, kalium serta magnesium. Kerja sama tersebut bertujuan untuk mengontrol tekanan darah dan fungsi jantung. Kekurangan kalsium akan membuat tulang Anda lemah, untuk anak-anak bisa menghambat pertumbuhan (tinggi badan tidak maksimal).
  4. Kandungan Lainnya
    Kalori
    Dalam 100 gram iga sapi, terkandung kalori 254 kkal. Kalori dibutuhkan manusia untuk menjalankan kegiatan, supaya tidak mudah lelah, lemah atau lesu. Kalori juga bisa menggerakkan sistem organ otak, paru-paru, jantung, hati, ginjal serta aliran darah.

    Kolesterol
    Jumlah kolesterol pada iga sapi adalah 100 mg. Jadi, konsumsinya tidak boleh terus-terusan alias harus dibatasi. Minimal seminggu atau dua minggu sekali Anda boleh menyantap hidangan dari iga sapi.

Yuk dicoba, ini ada aneka resep spesial dari daging sapi : Resep Membuat Tongseng Daging Sapi Khas Cirebon

Daging yang berada di sekitar iga sapi namanya rib. Rasanya sangat enak dan mampu membuat Anda ketagihan. Bisa dibuat rib-eye steak dengan atau tanpa tulang. Jadi langsung ngiler, membacanya. Enak dan mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, sesuai pada manfaat dan kandungan gizi dari iga sapi di atas. Salam masakan!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D