Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 24 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Dori

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Dori – Dari namanya terlihat sangat unik. Ya, dori, merupakan ikan yang asalnya dari perairan di Australia. Ikan dori memiliki bentuk badan yang pipih, berkulit coklat dengan mata yang lebar. Ciri unik lainnya adalah terdapat titik hitam di sisi tubuhnya. Bila dilihat sekilas, ikan ini mirip dengan ikan kuwe.
Ikan Dori
Ikan Dori
Sama seperti ikan lainnya, dori memiliki daging yang putih, halus dan gurih. Di pasaran, ikan dori dijual dalam bentuk fillet. Salah satu olahannya yang cukup lezat adalah dori panggang saus madu dan itu sangat disukai berbagai kalangan. Tapi, apakah pembaca tahu bahwa terdapat manfaat dan kandungan gizi dari ikan dori yang cukup lengkap? Berikut ini adalah bukti bahwa selain enak, dori ‘kaya’ akan gizi.

  1. Kandungan DHA dan EPA
    DHA dan EPA tidak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi saja, melainkan untuk penderita penyakit darah tinggi, khususnya. Keduanya juga memiliki peran yang sangat penting, seperti menjaga fungsi retina mata dan otak, sebagai anti-radang alami bagi penderita radang sendi, alergi atau asma.

  2. Omega-3
    Banyak suplemen untuk menumbuhkan kecerdasan otak yang dijual di toko obat. Namun, untuk mendapatkannya secara alami, Anda bisa mengkonsumsi ikan dori. Ikan tersebut mengandung begitu banyak omega-3 yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pertumbuhan sel otak serta meningkatkan kecerdasan anak.

    Selain itu, omega-3 juga bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan partikel penyebab radang yang bisa merusak kulit Anda. Sehingga, kulit jadi sehat, bebas keriput dan selalu segar.
  3. Magnesium
    Magnesium yang terkandung dalam ikan dori memberi manfaat yang sama dengan vitamin D, yaitu menjaga tulang Anda supaya tetap sehat. Ia bekerja sama dengan vitamin D, tembaga, zinc dan lainnya untuk mengatur tingkat kalsium dalam tubuh. Magnesium juga juga sangat diperlukan ibu hamil, untuk mengurangi osteoporosis dan meningkatkan toleransi sakit. Sehingga proses pengiriman lancar dan tekanan darah optimal.
  4. Taurin
    Banyak minuman berenergi yang menggunakan taurin sebagai bahan utamanya. Taurin adalah asam amino yang bisa menggerakkan mineral magnesium, kalium serta natrium dalam membran sel. Ketiganya sangat baik dalam menjaga fungsi jantung dan otak. Ia juga terbukti bisa menjaga kekuatan otot jantung, sehingga dapat mencegah aritmia dan gagal jantung.
  5. Manfaat Lainnya
  • Karena kandungan vitamin yang cukup banyak, konsumsi ikan dori bisa membantu menjaga kesehatan mata
  • Ikan dori mengandung bermacam-macam zat yang salah satu fungsinya menjaga serta melancarkan sistem pencernaan.
  • Menjaga dan memelihara kesehatan jantung

Silahkan bisa di coba resep spesial dari bahan ikan yang menggoda : Resep Membuat Cakalang Fufu Khas Sulawesi Utara

Selesai sudah pembahasan manfaat dan kandungan gizi dari ikan dori. Setelah diulas, ternyata banyak manfaat yang diberikan terutama untuk bayi, ya! Namun, kalau Anda tertarik dengan nutrisi yang diberikan, silahkan santap ikan mungil penuh manfaat ini dengan resep favorit Anda. Salam masakan!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D