Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 26 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Gurame

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Gurame – Tidak ada yang berani menyepelekan ikan ini. Ya, gurame adalah salah satu ikan terlezat yang ada di Indonesia. Siapa sangka ikan yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, termasuk resep gurame pecak santan khas Cilacap ini terbilang cukup mahal harganya di pasaran. Selain harganya yang tinggi, ternyata kandungan nutrisinya pun demikian.
Ikan Gurame
Ikan Gurame
Manfaat dan kandungan gizi dari ikan gurame bisa dirasakan oleh ibu hamil dan anak-anak, terutama. Sebenarnya tidak hanya gurame saja, tapi ikan laut jenis lainnya juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga janinnya supaya tetap sehat. Apalagi tingkat merkuri pada ikan gurame tergolong rendah, bila dibandingkan pada ikan hiu, tuna atau mackerel raja.

  1. Kandungan Protein
    Protein yang dibutuhkan masing-masing orang perharinya adalah 0,75-0,80 gram/kg berat badan. Jumlah tersebut terbilang cukup banyak, mengingat fungsinya yang vital. Untuk itulah, asupan protein sangat diperlukan setiap harinya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengkonsumsi segala jenis ikan, termasuk gurame.

    Kandungan protein pada ikan gurame adalah 19%, lebih tinggi dari ikan mas, nila dan ikan lele. Sebagian balita ada yang alergi terhadap gula susu atau Lactose intoleran. Hal itu mengakibatkan mereka harus mendapat makanan pengganti dengan gizi yang sama seperti pada susu. Protein pada ikan gurame sangat mampu membantu proses pertumbuhan mereka.

    Asam amino essensial yang terkandung juga cukup tinggi. Kandungan ini berfungsi sebagai energi pengganti bagi bagian tubuh yang rusak, serta menjadi sumber energi selain karbohidrat serta lemak.
  2. Kandungan Omega-3
    Asam lemak omega-3 pada ikan gurame bermanfaat untuk membantu perkembangan otak anak. Menurut penelitian, anak yang mengkonsumsi makanan dengan nutrisi asam lemak atau minyak ikan, perkembangan otak dan kecerdasannya meningkat. Daya ingatnya juga jadi lebih kuat.

  3. Rendah Lemak dan Kolesterol
    Meskipun kandungan protein ikan gurame sangat tinggi, kadar lemaknya terbilang cukup rendah, yaitu 55 mg/10 gram. Ikan gurame juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup rendah. Untuk itu, konsumsi ikan gurame sangat baik, terutama agar nutrisi pembaca tetap terjaga. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan kanker yang termasuk dalam penyakit degeneratif (penyakit yang dialami di usia tua).

    Sebab, penyakit-penyakit tersebut diakibatkan oleh kolesterol dalam darah yang tidak terkontrol. Sedangkan penyakit kanker yang umumnya disebabkan pola makan tidak teratur, rokok, minuman keras dan zat kimia juga bisa dicegah dengan konsumsi ikan gurame secara teratur.
  4. Manfaat Lainnya
    - Mencegah Penyakit Marasmus
    Adalah penyakit kekurangan gizi yang biasanya menyerang balita usia 0-2 tahun. Penyakit tersebut terjadi karena retardasi pertumbuhan dan kekurangan lemak serta otot di bawah kulit. Biasanya anak yang menderita marasmus tubuhnya sangat kurus dengan perut yang buncit. Marasmus yang tergolong penyakit serius ini disebabkan karena tubuh kekurangan protein, kalori, serta infeksi, genetis maupun masalah lingkungan lainnya.

    - Mencegah Cachexia
    Penyakit kekurangan protein ini membuat Anda gampang lelah, padahal tidak terlalu banyak bekerja. Gejalanya adalah otot menipis, berat badan menurun secara drastis dan bisa memicu kanker di hati, usus dan lambung. Hati-hati dengan penyakit ini, karena bila tidak ditangani dengan serius akan berakibat pada kematian.

Resep spesial dari ikan gurame yang lezat dan tentunya mudah dipraktekkan : Resep Membuat Gurame Pecak Santan Khas Cilacap

Banyak orang yang masih kurang menyukai ikan gurame, karena mungkin amis dan terdapat banyak duri di dagingnya. Kedua hal tersebut bisa dikatakan sangat mengganggu. Namun, sudah banyak ikan gurame yang tidak amis ataupun berbau lumpur, tergantung pembudidayaan serta cara membersihkannya saja. Semoga manfaat dan kandungan gizi dari ikan gurame di atas bermanfaat, ya! Salam masakan!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D