Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 27 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Kakap Merah

Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Kakap Merah – Kandungan nutrisi pada ikan yang paling tinggi adalah protein dan omega-3. Hampir semua jenis ikan mengandung gizi tersebut, tak terkecuali kakap merah. Kakap merah masih saudara dengan manfaat dan kandungan gizi dari ikan kakap putih, lho.
Kakap Merah
Kakap Merah
Karena manfaat dan kandungan gizi dari ikan kakap merah akan segera diketahui, maka sebelum itu Anda harus tahu resep apa yang bisa digunakan untuk mengolahnya. Ada satu resep, yaitu resep kakap woku blangan khas Sulawesi Utara. Bumbu yang digunakan sangat beragam dan mampu membuat ikan kakap yang sudah lezat dan gurih semakin menggoda lagi.

  1. Kandungan Gizi
    Dalam 600 gram ikan kakap merah, terkandung 170 kkal kalori, yang mana jumlahnya 9% dari kebutuhan harian berdasar diet 2.000 kalori. Jumlah proteinnya, yakni 35 gram dan 9 asam amino yang dihasilkan bisa menjaga kesehatan kulit, kekuatan otot dan produksi enzim serta hormon tubuh.
  2. Kandungan Asam Lemak Omega-3
    Satu porsi ikan kakap merah, yaitu sekitar 100 gram, terkandung 0,31 gram asam lemak. Konsentrasinya sama dengan jumlah pada 300 gram lele, udang, kerang atau kepiting. Menurut, The American Heart Association, konsumsi ikan yang banyak mengandung omega-3 secara rutin bisa mengurangi penyakit aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), jantung dan kolesterol tinggi.

    Bagi orang dewasa serta wanita hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi ikan kakap merah panggang atau bakar 3,5 ons (2 kali seminggu). Hindari konsumsi ikan kakap secara berlebihan (berkali-kali dalam sebulan) bagi anak-anak serta wanita hamil, supaya tidak terkontaminasi merkuri.
  3. Mineral
    Selenium

    Seporsi ikan kakap mengandung hampir 70% selenium yang direkomendasikan bagi pria serta wanita dewasa dengan diet 2.000 kalori (perharinya). Selenium adalah antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas perusak DNA penyebab penyakit rheumatoid arthritis, jantung dan kanker. Akan ditingkatkan fungsinya apabila bekerja sama dengan vitamin E (dapat ditemukan pada kentang manis, sayuran hijau, asparagus dan kale).

    Selenium juga membantu fungsi sel darah putih dan diperlukan kelenjar tiroid supaya berfungsi dengan baik.

    Magnesium
    Magnesium yang terkandung pada ikan kakap merah berjumlah 54 mg. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh, terutama untuk menjaga tulang dan gigi supaya selalu sehat.

    Kalium444 mg kalium atau sekitar 9,4% (dari kebutuhan harian kalium) terkandung dalam 300 gram ikan kakap merah. Kalium berperan sebagai elektrolit dan mineral, untuk memicu enzim dalam memetabolisme energi. Kalium juga berfungsi memelihara rangka otot agar bisa berkontraksi dengan normal serta menjaga kesehatan jantung.

    Kekurangan kalium bisa menyebabkan pembaca terkena penyakit tekanan darah tinggi, stroke, batu ginjal hingga osteoporosis. Apabila Anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium cukup tinggi, bisa mengakibatkan kekurangan kalium juga.
  4. Vitamin
    Per 300 gram ikan kakap yang dimasak, terdapat 14% lebih banyak vitamin A (direkomendasikan untuk wanita dewasa) dan 10,8% (untuk pria). Vitamin A membantu menjaga kekebalan tubuh, memproduksi tulang dan menjaga kesehatan mata serta kulit. Vitamin A adalah nutrisi yang mudah larut dalam lemak.

    Vitamin lainnya, yaitu D dan E. Vitamin D berguna untuk membantu memperkuat tulang, sedangkan vitamin E mendukung produksi sel darah merah, transportasi okeigen dan sebagai antioksidan alami.

Yuk silahkan di coba resep spesial ikan kakap yang lesat dan gurih : Resep Membuat Kerupuk Ikan Khas Sumatera Selatan

Pantas saja ikan kakap harganya cukup tinggi di pasaran. Sebab, selain dagingnya sangat enak ternyata banyak memberi manfaat bagi kesehatan juga. Setelah membaca manfaat dan kandungan gizi dari ikan kakap merah, pasti Anda langsung tertarik mencoba kelezatan dan nutrisinya. Olah dengan benar, sesuai resep favorit Anda, ya! Salam masakan!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D