Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 29 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Kembung

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Kembung – Ikan ini cukup populer di kalangan masyarakat. Sebab, selain enak juga bisa diolah dengan resep ikan kembung kuah asam khas Kalimantan Selatan. Dagingnya gurih dan lezat, sehingga mau diolah bagaimanapun caranya tetap nikmat. Alasan kenapa masyarakat begitu menyukainya adalah sumber gizi yang dimilikinya.
Ikan Kembung
Ikan Kembung
Ikan kembung mengandung omega-3, vitamin, mineral, kalsium, tembaga, zat besi serta yodium. Kandungan lemak tak jenuhnya yang cukup banyak bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Hal tersebut membuatnya gampang dicerna dan langsung diterima jaringan tubuh. Sebagian besar manfaat dan kandungan gizi dari ikan kembung memang baik untuk ibu hamil. Daripada penasaran, silahkan baca penjelasannya di bawah!

  1. Kandungan Omega-3
    Ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung omega-3 cukup tinggi. Ikan kembung tidak hanya kaya akan polyunsaturated fatty acid dan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), tapi juga rendah lemak jenuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 merupakan cara paling efektif untuk mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, aritmia, aterosklerosis, kanker payudara serta penyakit komplikasi lainnya.

    Selain itu, omega-3 dapat meningkatkan fungsi kognitif. Sehingga orang yang mengkonsumsinya tidak akan mudah stress atau depresi. Tidak hanya itu, omega-3 juga berperan dalam menurunkan berat badan dan kadar gula dalam darah. Namun, konsumsinya harus disertai dengan pola makan serta olahraga yang teratur.
  2. Kandungan MUFA
    MUFA adalah lemak sehat yang berperan sebagai pencegah serta pengontrol kadar gula, khususnya bagi penderita diabetes. Mengkonsumsinya secara teratur tidak hanya mengontrol kadar gula dalam darah, namun juga menurunkan lemak visceral. Sehingga resiko diabetes berkurang.
  3. DHA dan EPA
    DHA (Docosahexaenoic acid) dan EPA (Eicosapentaenoic acid) adalah asam lemak essential omega-3 yang bermanfaat bagi ibu hamil serta tumbuh kembang janinnya. Kandungan asam lemaknya mampu mengembangkan IQ serta psikomotorik pada bayi, sehingga nantinya daya ingat, kemampuan belajar serta kekebalan tubuhnya meningkat.
  4. Mineral
    Walaupun kandungan mineral pada ikan kembung terbilang sedikit, namun sangat berperan dalam proses glikolisis (proses metabolisme). Mineral yang terkandung antara lain: zat besi, kalsium, tembaga, yodium dan kalium.

    Kalium
    Tekanan darah terkontrol, karena konsumsi ikan kembung secara rutin (bagi penderita hipertensi). Kandungan kalium yang sangat tinggi mampu menormalkan tekanan darah dan menurunkan resiko komplikasi kesehatan (kekurangan kalium).
  5. Vitamin
    Dalam ikan kembung, terdapat kandungan vitamin A, B-kompleks, D dan E. Kami akan membahas salah satunya, yaitu vitamin D.

    Vitamin D
    Vitamin D sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup orang yang menderita kanker usus. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, penderita kanker usus yang kadar vitamin D-nya tinggi, kemungkinan bisa bertahan hidup lebih lama.
  6. Manfaat Lainnya
    Mengurangi gejala reumatoid arthritis, karena di dalamnya terdapat senyawa yang sifatnya anti-inflamasi. Senyawa tersebut mampu menurunkan nyeri sendi atau kekakuan otot.

Resep spesial dari bahan ikan kembung : Resep Membuat Kua Terang Ikan Roa Khas Sulawesi Utara

Ternyata meskipun banyak manfaat dan kandungan gizi dari ikan kembung, tetaplah ada efek sampingnya. Ikan kembung memiliki kandungan merkuri metil yang tergolong cukup tinggi. Mercury memang sangat tidak baik, apalagi jika dikonsumsi ibu hamil. Sebab, akan berakibat pada perkembangan sistem syaraf janin. Semoga bermanfaat dan salam masakan!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D