Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 08 September 2016

Resep Membuat Catemak Jagung Khas NTT

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Catemak Jagung Khas NTT – Satu lagi, nih menu masakan yang berbahan utama jagung selain canjica dari Nusa Tenggara Barat. Kalau sebelumnya kami telah membahas resep katemak khas NTT, kali ini kami akan mengulas resep yang hampir sama namanya, yaitu catemak. Sebenarnya antara katemak dan catemak bisa dibilang tidak sama.

Karena katemak menggunakan bahan utama daging sapi, walaupun ada bahan-bahan lainnya seperti daun labu, jagung manis dan aneka sayur hijau lainnya. Kalau resep catemak jagung khas NTT ini merupakan hidangan penutup. Bahan utamanya adalah jagung, kacang tanah, kacang hijau dan kadang juga diberi labu lilin maupun sayuran jenis lain.
Catemak Jagung Khas NTT
Catemak Jagung Khas NTT 
Makanan ini memiliki rasa yang asin, walaupun jika dilihat dari tampilannya mirip sekali dengan kolak. Cocok disantap sebagai menu buka puasa ataupun menu makan siang Anda. Kalau sebelumnya Anda mencari makanan simple yang menyehatkan dan sangat cocok dihidangkan bagi anak-anak maupun keluarga, sekarang Anda telah menemukan resep catemak jagung khas NTT ini.

Cara membuatnya cukup mudah, sebagai gambarannya kami akan meringkas sedikit langkah-langkah pembuatannya dengan resep catemak jagung khas NTT. Yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah merebus kedua jenis kacang dan diberi penyedap rasa seperti garam lalu dimasak lagi, tapi kali ini bersama pucuk labu dan sayuran lainnya.

Nah, kalau bahan-bahan sudah matang dan kuah mulai mengental, baru diangkat dan dihidangkan. Mudah sekali, bukan? Maka dari itu, daripada ngiler-ngiler membayangkannya lebih baik langsung menuju resep catemak jagung khas NTT, yuk!

Bahan Membuat Catemak Jagung


  • ½ kg biji jagung
  • 2 ons kacang hijau
  • 1 ons kacang tanah
  • Bunga pepaya secukupnya
  • Jantung pisang secukupnya
  • Pucuk labu secukupnya
  • Daun ubi secukupnya

Bumbu Membuat Catemak Jagung


  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Catemak Jagung


  1. Pertama, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan di atas sesuai takaran dan jangan lupa untuk membersihkan serta mencucinya
  2. Kedua, rebuslah kacang tanah dan kacang hijau yang sudah bersih hingga empuk selama beberapa menit. Biarkan air rebusan bergabung dengan campuran kacang tersebut
  3. Lalu, kalau sudah empuk baru diberi garam dan penyedap rasa. Sesuai ulasan, makanan ini rasanya asin maka harus diberi garam yang agak banyak
  4. Kemudian, masukkan sayur-sayurannya dan aduk sebentar. Biarkan kuahnya mulai mengental dan bahan lainnya matang
  5. Selanjutnya, angkat dan sajikan di piring saji.

Baca Juga : Resep Membuat Oseng-Oseng Jagung Muda Khas Semarang
Itulah tadi resep catemak jagung khas NTT yang proses pembuatannya berlangsung selama kurang lebih satu jam. Untuk sayur-sayuran yang disebutkan itu tidak harus dimasukkan, kok. Anda bisa memilih atau mengganti salah satunya sesuai selera. Rasanya akan tetap nikmat dan khas apabila Anda memasak sesuai aturan dan langkah-langkah di atas. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D