Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 09 September 2016

Resep Membuat Tahu Mambo Khas Kalimantan Barat

Advertisement
Advertisement

Resep Tahu Mambo Khas Kalimantan Barat – Tahu memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, yaitu mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi, bagi Anda yang kolesterolnya tinggi, bisa rajin-rajin makan tahu supaya cepat normal dan sembuh. Kalau tidak demikian, aliran darah akan terganggu karena penumpukan kolesterol tersebut. Nah, kalau sudah tahu manfaat dan kandungan gizi dari tahu, maka langsung mencari olahan khas berbahan tahu, yuk.

Tidak hanya Pinkan mantan personil Ratu saja yang memiliki nama belakang ‘mambo’. Tapi, pelengkap asal Kalimantan Barat inipun juga. Ya, tahu mambo merupakan makanan khas Pontianak yang biasa disajikan sebagai lauk tambahan. Mungkin selama ini Anda sering menyantap tempe goreng, bakwan atau tahu goreng sebagai pelengkap, namun dengan adanya resep tahu mambo khas Kalimantan Barat ini akan semakin lengkap.
Tahu Mambo Khas Kalimantan Barat
Tahu Mambo Khas Kalimantan Barat
Tahu mambo dibuat dengan cara yang mirip mendol. Tahu, kan mendol? Semacam perkedel, tapi bahannya dari tahu. Kalau resep tahu mambo khas Kalimantan Barat ini pembuatannya, yaitu tahu dihaluskan, kemudian dicampur dengan bumbu halus, daun bawang dan cincangan tomat serta penyedap rasa.

Kalau sudah tercampur, baru dibuat bulat-bulat mirip perkedel. Dimatangkan dengan cara digoreng. Selesai sudah, deh proses pembuatannya. Eh, tapi tidak se-simple itu, lho ya. Di bawah masih banyak langkah-langkah yang lebih detail lagi. Maka dari itu, lanjut baca resep tahu mambo khas Kalimantan Barat, yuk.

Bahan Tahu Mambo


  • 2 buah tahu
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • 1 buah tomat, buang bijinya dan cincang halus
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Tahu Mambo


  • 4 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat Tahu Mambo


  1. Pertama, Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti terdaftar di atas
  2. Kedua, tahu yang sudah dicuci bisa dihaluskan dengan ulegan atau sendok.
  3. Lalu, campur tahu halus tersebut dengan daun bawang, potongan tomat serta bumbu halus. Aduk sampai rata
  4. Kemudian, selagi masih diaduk bisa diberi merica dan garam secukupnya.
  5. Selanjutnya, ambil sedikit adonan lalu bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Ukuran menyesuaikan, tapi yang ideal adalah sebesar bakso atau perkedel
  6. Berikutnya, ulangi langkah tersebut sampai adonan habis.
  7. Setelah itu, goreng tahu mambo dalam minyak panas sampai matang. Gunakan api sedang dan tiriskan gorengan yang telah matang

Baca Juga : Resep Membuat Sambal Goreng Tahu Krecek Khas Semarang
Bagaimana mengolahnya dengan resep tahu mambo khas Kalimantan Barat? Cukup mudah atau sulitkah? Pasiti sangat mudah, karena panduannya sudah benar-benar jelas. Bahan yang digunakan juga ditakar sesuai porsi yang pas. Jadi, resep di atas apabila dipraktekkan akan menghasilkan 15 buah tahu mambo. Kalau Anda berniat menjualnya, lebih baik gunakan takaran bahan yang lebih dari jumlah tersebut. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D