Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 09 September 2016

Resep Membuat Udang Hun Kwe Khas Kalimantan Barat

Advertisement
Advertisement

Resep Udang Hun Kwe Khas Kalimantan Barat – Hun kwe merupakan tepung yang dibuat dari kacang hijau. Sangat unik, memang. Kalau biasanya tepung menggunakan bahan seperti beras dan sebagainya, kali ini justru dengan bahan yang biasanya dijadikan campuran bubur dan kolak. Makanan yang diolah dengan hun kwe tentu saja nikmat, rasanya berbeda karena ada kekhasan rasa yang diciptakan kacang hijau itu sendiri.

Salah satu makanan yang diolah dengan bahan tersebut adalah resep udang hun kwe khas Kalimantan Barat. Udangnya sih, biasa dan cara pengolahannya juga demikian. Karena hanya berupa udang goreng renyah saja, lho. Tapi, seperti yang kami bilang, Anda akan ketagihan dan tidak bisa melupakan rasanya.
Udang Hun Kwe Khas Kalimantan Barat
Udang Hun Kwe Khas Kalimantan Barat
Selain enak, resep udang hun kwe khas Kalimantan Barat ini juga bergizi tinggi. Dilihat dari manfaat udang, yakni mencegah kanker, penyakit kardiovaskular pada jantung, diabetes dan anti-depresi. Kandungan-kandungan di dalamnya yang berperan adalah selenium sebagai pencegah penyakit jantung dan mengobati penderita depresi.

Sangat banyak, ya manfaatnya? Anda bisa mengintip manfaat dan kandungan gizi dari udang disini apabila dirasa informasi di atas kurang lengkap. Nah, sekarang Anda harus beralih ke proses pembuatan resep udang hun kwe khas Kalimantan Barat yang sangat mudah! Bahan-bahannya selain hun kwe dan udang adalah bawang putih, garam serta kaldu instan.

Wah, ternyata cukup simple, juga bahan-bahannya. Jadi, Anda tidak perlu ribet mengingatnya kalau akan membuat resep udang hun kwe khas Kalimantan Barat di lain waktu. Karena semua bumbu tersebut selalu ada di dapur Anda. Yuk, langsung saja ke inti pembahasannya!

Bahan Udang Hun Kwe


  • 1.000 gram udang segar, ukuran sedang
  • 5 bungkur tepung hun kwe
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Udang Hun Kwe


  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu instan bubuk

Cara Membuat Udang Hun Kwe


  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan untuk membuat udang hun kwe khas Kalimantan Barat di atas
  2. Kedua, ambil udang dan bersihkan dengan cara membuang kepalanya serta mengerat punggungnya. Sisakan ekornya
  3. Lalu, cuci udang sampai bersih dan tiriskan. Sisihkan dulu
  4. Kemudian, campur seua bumbu bersama tepung hun kwe. Masukkan udang dan aduk-aduk sampai terbalut rata
  5. Selanjutnya, panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng udang hingga kering dan matang. Gunakan api sedang dan tiriskan
  6. Terakhir, sajikan udang hun kwe di piring saji bersama saus sambal favorit Anda.

Baca Juga : Resep Membuat Ungker-Ungker Khas Rembang
Memang paling enak menyantap udang goreng crispy dengan saus sambal favorit. Rasa asli udang gorengnya berpadu dengan saus sambal menghasilkan rasa yang khas. Cocok disantap sebagai lauk juga, lho. Selamat menikmati hidangan resep udang hun kwe khas Kalimantan Barat dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D