Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 28 April 2015

Resep Bika Ambon Khas Medan

Advertisement
Advertisement

Bika Ambon Khas Medan - Mendengar namanya jelas banyak orang yang mengira bahwa makanan berwarna kuning yang berserat ini berasal dari Ambon khas medan. Tapi, ternyata itu tidak tepat dan sama sekali tidak tepat. Siapa sangka kue yang membawa nama sebuah kota di bagian timur Indonesia ini malah berasal dari Medan. Konon, asal cerita dulunya bika ambon pertama kali dijajakan di toko yang terletak di jalan ambon, sehingga sampai sekarang ini, nama ambon tetap melekat dan malah seakan menjadi ikon makanan khas kota medan.



Bika ambon sangat digemari oleh banyak kalangan masyarakat mulai dari kalangan atas hingga menengah. Kue dengan ciri warna kuning berserat dengan tekstur berlubang kecil-kecil ini mempunyai banyak rasa yang menawan seperti original, mocca dan juga keju. Kini ada begitu banyak penjual dari bika ambon yang bisa ditemui. Mayoritas menyediakan harga yang bervariasi sekitar Rp. 35.000 hingga Rp. 70.000 tergantung ukuran dan juga rasanya. Sayangnya, bika ambon hanya bisa bertahan kurang dari satu minggu, jadi jika anda hendak membelinya untuk oleh-oleh, pastikan membeli yang baru sehingga tidak basi ketika dalam perjalanan.

Bika ambon memang memiliki keunikan dalam cara pembuatannya, anda harus mendiamkannya selama kurang lebih 12 jam atau satu malam agar bisa mendapatkan tekstur dan hasil yang maksimal. Selain itu, hal yang nantinya perlu diperhatikan adalah ketika proses pemanggangan. Untuk menghasilkan bika yang berongga dan mengembang, pastikan anda melakukan proses buka tutup oven dan setelah mengembang, gunakan api atas dan tutup oven. Hal lain yang eprlu diperhatikan adalah pemilihan bahan. Agar kue nantinya tidak bantat dan berminyak, gunakanlah santan kelapa dari buah kelapa yang tua. Hindari menggunakan santan instan karena ini hanya akan membuat kue anda menjadi bantat dan kering. Nampak sulit memang, namun tenang saja karena nantinya kesabaran anda akan terbayar oleh rasa lezat dan legitnya bika ambon khas medan. Lalu bahan apa saja yang dibutuhkan dan cara membuatnya? Nah, berikut ini akan kami berikan resep bika ambon yang bisa anda tiru dan praktikkan dirumah. Selamat mencoba!

Resep Bika Ambon Medan

Bahan yang dibutuhkan:
- 175 gram gula pasir
- 200 ml santan kelapa segar yang tua
- 100 gram tepung sagu
- 1 lembar daun pandan yang direbus dalam 100 ml air
- 10 butir kuning telur
- Daun jeruk 2 lembar
- 2 butir putih telur
- ½ sendok teh ragi instan
- Air 50 ml
- Tepung terigu 50 gram
- Dan minyak goreng secukupnya untuk olesan

Cara membuat bika ambon:

1. Campurkan tepung terigu, ragi dan juga air menjadi satu kemudian aduk hingga rata lalu diamkan sekitar 15 menit hingga adonan mengembang.
2. Masukkan telur dalma wadah kemudian kocok dengan gula hingga mengental. Masukkan perlahan santan dan tepung sagu bergantian sambil terus diaduk rata.
3. Campurkan dengan adonan yang telah dibuat diawal tadi, aduk dan diamkan hingga 12 jam. Jangan lupa tutupi adonan dengan serbet.
4. Oleskan cetakan dengan minyak, lalu panaskan. Tuangkan adonan kedalamnya hingga ada bunyi mendesis. Panggang hingga bika ambon mengembang dan berserat dengan oven buka tutup.
5. Sesudah bika mengembang, tutup oven dan panggan dengan api diatas hingga berwarna kuning agak kecoklatan.
6. lalu Angkat, biarkan dingin dan sajikan.

Bika ambon tanpa pengawet hanya bertahan sekitar 3-5 hari. Setelah itu, kue akan mengering dan tidak enak lagi untuk disantap. Sekian resep ini kami sampaikan, selamat mencoba dan semoga sukses!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana