Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 29 Agustus 2015

25 Resep Masakan Ayam Mudah Dan Lengkap

Advertisement
Advertisement

Perkembangan dunia kuliner saat ini tidak hanya menjanjikan sajian untuk disantap nikmat sekali hap. Akan tetapi lebih dari itu dunia kuliner menjanjikan bisnis empuk yang begitu menjanjikan untuk dikembangkan dan dijadikan usaha sampingan bahkan berpotensi sebagai pekerjaan utama. Untuk menciptakan kuliner yang lezat dan unik tidak harus dari bahan yang langka, susah didapat dan berharga mahal, salah satu contohnya adalah resep masakan ayam.

Resep masakan ayam merupakan salah satu kuliner yang bahan dasarnya mudah didapat dengan harga yang terjangkau. Ayam juga nikmat diolah dengan digoreng, dimasak dengan bumbu sederhana maupun dikreasikan dengan resep masakan ayam dengan menambahkan bumbu rempah tertentu untuk mendapat rasa yang ajib dan menggugah selera. Untuk mengetahui lebih detail tentang resep masakan ayam yang bisa dicoba di rumah, anda bisa mencoba salah satu resep masakan ayam di bawah ini.


1. Resep Masakan Ayam penyet

merupakan resep masakan ayam yang dilumuri dengan jeruk nipis dengan sedikit garam selama beberapa saat kemudian dicuci kembali dan direbus hingga matang dan dipadukan dengan bumbu dan rempah ayam penyat hingga empuk dan benar-benar matang. Resep masakan ayam ini kemudian di tiriskan dan di goreng hingga berwarna kecokelatan. Kemudian ayam ditaruh pada cobek yang sudah terdapat sambal terasi, dan ayam ditekan atau dipenyet menggunakan ulegan hingga memar dan bumbu tercampur rata. Kini resep masakan ayam penyet siap disantap bersama nasi hangat.

2. Resep Masakan Opor ayam

adalah santapan nikmat dengan bahan ayam yang mudah dibuat. Terlebih dahulu bumbu dan rempah yang telah dihaluskan ditumis hingga harum, kemudian ayam dimasukkan, aduk hingga bumbu tercampur rata pada ayam dan ayam berubah warna. Setelah itu masukkan santan dan ditambahkan garam dan gula secukupnya, setelah resep masakan ayam ini matang, angkat dan tiriskan. Resep masakan ayam “opor ayam” siap dinikmati dengan nasi hangat atau ketupat.

3. Resep Masakan Pepes ayam


adalah resep masakan ayam khas urang sunda tea’ yang dibumbui rempah dan bumbu pepes, kemudian ayam ditaruh dalam daun pisang yang dibentangkan, dilumuri dengan tambahan bumbu pepes ayam lalu disematkan lidi sebagai pengunci. Setelah itu resep masakan ayam dikukus hingga matang. Resep masakan ayam “pepes ayam” nikmat disajikan hangat, untuk anda yang memiliki anak kecil anda bisa meniadakan penggunaan cabe.

4. Resep Masakan gulai ayam

merupakan resep masakan ayam menggugah selera yang gampang dibuat.pertama tumis bumbu halus maupun bumbu yang telah diiris hingga harum, kemudian dimasukkan ayam beserta air dan direbus hingga ayam dan bumbu merata, terakhir jangan lupa menuangkan santan dan asam jawa. Kemudian rebus ayam hingga empuk dan matang sempurna. Resep masakan ayam “gulai ayam” siap menggugah selera makan anda dan keluarga.

5. Resep Masakan Karai ayam


merupakan resep masakan ayam delicious yang mudah dibuat dengan merebus terlebih dahulu bumbu halus kemudian dicampur dengan bumbu rempah lain seperti lengkuas dan serai, kemudian ayam yang telah dipotong dengan ukuran sedang dimasukkan dan diaduk hingga bumbu tercampur sempurna dengan ayam. Kemudian tuangkan santan cair segar, gula dan garam kedalam resep masakan ayam ini, masak hingga ayam lunak. Terakhir tuangkan santan kental pada ayam yang telah empuk. Kini resep masakan ayam “Karai ayam” siap dihidangkan hangat bersama nasi dan segelas minuman dingin.

6. Resep Masakan Ayam kuluyuk


merupakan resep masakan ayam yang lezat dan cara membuatnya sangat mudah. Ayam terlebih dahulu dilumuri dengan garam dengan merica atau lada. Kemudian ayam ditaburi tepung terigu atau tepung krispi lalu digoreng hingga matang lalu tiriskan dan sisihkan. Buat saus kuluyuk dengan menumis bawang putih dan bawang Bombay hingga harum kemudian masukkan cabe, saus tomat dan bahan lain hingga harum dan layu, terakhir kentalkan saus dengan tepung sagu. Cara penyajian resep masakan ayam tersebut adalah letakkan ayam diatas piring kemudian disiram dengan saus hangat. Resep masakan ayam kuluyuk pun siap disantap.

7. Resep Masakan Ayam Goreng Crispy


merupakan resep masakan ayam yang gampang dibuat. Pertama ayam dilumuri dengan bumbu, kemudian siapkan tepung terigu untuk ayam goreng siap pakai dalam 2 wadah, wadah pertama dibiarkan tetap kering sedang wadah kedua campur tepung dengan sedikit air tidak terlalu encer atau kental. Kemudian ambil sepotong ayam, celupkan pada adonan kering, gulingkan adonan basah, kemudian digulingkan pada adonan kering kembali sembari diremas-remas sampai semua tepung menempel. Lalu celupkan kembali kedalam adonan basah lalu digulingkan kedalam adonan kering sembari dicubit-cubit tepungnya. Setelah itu goreng adonan ayam kedalam minyak panas hingga matang kecoklatan kemudian tiriskan. Resep masakan ayam goreng krispi siap disantap bersama saus tomat.

8. Resep Masakan Ayam Waku


merupakan salah satu hidangan nusantara khas manado yang begitu gampang sangat membuatnya, pertama daging ayam yang telah dicuci dipotong-potong kemudian dilumuri garam dan jeruk nipis kemudian disisihkan. Kemudian tumis bumbu halus dengan serai hingga matang beraroma harum kemudian masukkan air dan ayam dan aduk hingga rata. Setelah itu resep masakan ayam tersebut ditambahkan daun jeruk, gula, tomat dan garam lalu aduk hingga rata dan tutup. Gunakan api kecil hingga air menyusut dan ayam matang, kemudian masukkan kemangi dan daun bawang lalu aduk hingga layu kemudian angkat. Kini, resep masakan ayam waku siap disantap bersama nasi hangat.

9. Resep Masakan Ayam Taliwang


merupakan salah satu hidangan ayam bakar yang nikmat dan laziz khas Lombok gampang cara membuatnya. Bumbu ayam taliwang yang telah dihaluskan ditumis hingga harum kemudian tambahkan perasan jeruk limau, ayam diolesi dengan minyak goreng kemudian dibakar hingga berwarna kecokelatan, lalu ayam ditusuk-tusuk dan dilumuri dengan bumbu taliwang, kemudian kembali dibakar hingga matang dan disajikan bersama siraman air jeruk limau. Dan resep masakan ayam taliwang siap dinikmati dengan teman nasi yang hangat.

10. Resep Masakan Ayam Rica-Rica


adalah resep masakan ayam khas dengan bumbu khas dan sensasi pedas. Cara membuatnya pertama ayam dicuci kemudian dipotong menjadi beberapa bagian setelah itu digoreng hingga sampai kekuningan lalu diangkat dan ditiriskan. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus rica ditambah garam, gula dan penyebab rasa secukupnya, campur hingga rata lalu ayam dimasukkan dan diaduk hingga bumbu rica merata pada ayam. Terakhir tuangkan air secukupnya, jahe, daun jeruk dan sereh, campur hingga rata dan masak sampai ayam masak dan bumbu rica meresap. Kemudian setelah matang, sajikan dalam piring hias, resep masakan ayam rica-rica siap disantap.

11. Resep Masakan Ayam bakar

merupakan resep masakan ayam yang nikmat gampang dibuat. Cara membuatnya tumis bumbu halus ayam bakar hingga harum dan kekuningan. Kemudian masukkan ayam dan air hingga seluruh permukaan ayam terendam air berbumbu. Kemudian masukkan kecap dan daun salam kemudian masak hingga kuah mengental dan daging ayam empuk, lalu angkat kemudian sisihkan. Setelah itu bakar daging ayam hingga daging kering dan berbau harum. Dan resep masakan ayam bakar siap disantap bersama ulegan sambal tomat dan nasi yang hangat.

12. Resep masakan Ayam Cabai Ijo

merupakan masakan ayam yang delicious bernuansa huhah yang gampang dibuat. Caranya dengan melumuri daging ayam dengan garam dan jeruk nipis kemudian didiamkan beberapa saat. Lalu goreng ayam hingga matang kecokelatan dan sisihkan. Kemudian tumis bumbu halus khas Lombok hijau hingga matang dan harum, masukkan serai, daun jeruk kemudian tuangkan ayam dan aduk hingga bumbu cabai hijau merata. Resep masakan ayam cabai hijau siap mengisi perut anda.

13. Resep Masakan Soto ayam Madura


merupakan resep makanan yang nikmat dari kota garam yang untuk membuatnya sangat mudah. Pertama ayam yang telah dicuci bersih dipotong-potong lalu direbus hingga mendidih dan membentuk kaldu, lalu angkat dan disaring. Panaskan minyak goreng diwajan lalu goreng ayam hingga matang, alalu angkat dan tiriskan. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus khas soto madura dengan daun jeruk dan serai hingga harum lalu masukkan kaldu bersama bumbu tambahan lain sampai matang dan mendidih. Sajikan ayam dan bahan pelangkap dalam mangkuk saji, tuang kaldu soto dan taburan lainnya. Resep masakan ayam soto Madura siap disantap.

14. Resep Masakan ayam masak kecap


merupakan masakan yang nikmat, simple dan gampang cara membuatnya. Pertama rebus ayam setengah matang, angkat siram dengan air jeruk nipis hingga tercampur, lalu beri taburan garam secukupnya lalu aduk hingga tercampur. Rebus air secukupnya hingga mendidih lalu masukkan ayam hingga mendidih lalu angkat dan sisihkan. Siapkan wajan lalu tumis bumbu ayam kecap hingga harum tambahkan bumbu pelengkap lainnya, kecap manis, saus tomat, dan air supaya resep masakan ayam kecap sedikit berkuah. Lalu masukkan daging ayam masak hingga kuah ayam mengental. Resep masakan ayam masak kecap siap disajikan.

15. Resep Masakan ayam saus tiram


merupakan makanan khas nusantara yang nikmat dan mudah dibuat. Caranya siapkan daging ayam yang telah dicuci bersih kemudian lumuri dengan merica dan kecap asin dan diaduk hingga rata dan dibiarkan bumbu meresap. Lalu digoreng hingga matang, angkat kemudian tiriskan. Panaskan wajan lalu tumis bumbu saus tiram, air dan bumbu lain hingga harum. Kemudian masukkan ayam kedalam saus tiram hingga bumbu meresap. Lalu angkat dan resep masakan ayam saus tiram siap dinikmati.

16. Resep Masakan Ayam Hainan


merupakan masakan khas suku Hainan di China yang sangat nikmat dan mudah diolah. Caranya ayam yang telah bersih dibagi menjadi 4 bagian kemudian ditusuk dengan garpu lalu direbus hingga empuk dan ambil juga kaldunya. Tumis bumbu ayam Hainan hingga layu kemudian masukkan ayam beserta kaldunya hingga ayam matang dan empuk. Lalu angkat ayam dan siram minyak wijen hingga rata, lalu taburi daun polong dan bawang. Dan sajikan resep masakan ayam Hainan siap dinikmati bersama acar mentimun dan kaldu rebusan.

17. Resep Masakan Ayam Goreng Suharti


merupakan ayam goreng kremes yang sudah terkenal kenikmatannya. Cara membuatnya sebenarnya it’s easy caranya lumuri daging ayam yang telah bersih dengan garam lalu dibiarkan dalam kulkas selama sekitar 1 jam. Lalu tumis bumbu halus hingga harum dengan sedikit minyak lalu dimasukkan daun salam, serai dan air hingga sekiranya menutup seluruh permukaan ayam. Lalu masukkan ayam dan ungkep hingga empuk dan matang lalu tiriskan. Untuk membuat ayam kremes, goreng ayam dengan minyak yang banyak sehingga menghasilkan warna ayam yang merata.Lalu buat kremesan dengan mencampur air ungkepan dengan sedikit air lalu goreng dalam minyak panas hingga adonan menggumpal dan warna berubah. Hidangkan resep masakan ayam goreng suharti dengan sambal tomat uleg.

18. Resep Masakan Ayam Bacem


merupakan hidangan yang sudah tidak asing ditelinga kita, rasa ayam yang gurih dan sedikit manis sangat familier dilidah kita. Untuk membuat resep masakan ayam bacem sangat mudah, caranya tumis bumbu yang haluskan bersama tambahan bumbu lain dan ayam. Dan masak dengan api kecil hingga empuk dan bumbu meresap. Lalu goreng ayam dengan minyak yang sedikit banyak hingga kering dan sedikit keras. Resep masakan ayam bacem siap disajikan dengan nasi hangat, lalapan dan sambal terasi.

19. Resep Cara Membuat nugget ayam Spesial

merupakan salah satu resep masakan ayam yang lezat dan disukai semua usia. Caranya sangat mudah hanya tinggal menghaluskan ayam dan bumbu lainnya. Kemudian tuang kedalam Loyang, kukus hingga matang dan mengeras. Potong-potong adonan nugget sesuai selera, lalu masukkan kedalam adonan kocokan telur, gulingkan kedalam tepung panir lalu goreng dalam minyak panas hingga matang kecokelatan. Resep masakan ayam nugget special siap disantap bersama saus tomat.

20. Resep Masakan ayam goreng mentega


merupakan salah satu resep masakan ayam yang nikmat dan gampang dibuat. Pertama lumuri ayam dengan garam, jeruk nipis dll lalu didiamkan hingga bumbu merasuk. Goreng ayam hingga kacolekatan, kemudian tumis bumbu ayam goreng mentega lainnya hingga harum dan tuangkan air, masukkan ayam lalu tunggu hingga kuah surut lalu olesi dengan ayam mentega dan daun bawang. Dan resep masakan ayam goreng mentega siap disantap.

21. Resep Cara Membuat Ayam Goreng Kalasan


merupakan kuliner nikmat khas kalasan Yogyakarta. Cara membuatnya ternyata sangat mudah caranya lumuri daging ayam yang telah bersih dengan bumbu halus lalu masak ayam hingga matang, empuk dan air rebusan yang surut, lalu angkat dan tiriskan. Kemudian goreng ayam dengan minyak panas hingga kecokelatan dan angkat. Resep masakan ayam siap dihidangkan bersama sambal tomat yang pedas dan yahud.

22. Resep Cara Membuat Ayam Asam Manis


adalah resep masakan ayam ajib yang gampang sekali membuatnya, caranya lumuri ayam dengan jeruk nipis, garam dan bumbu lain hingga merata dan biarkan bumbu meresap. Lalu goreng ayam dalam minyak panas hingga matang dan kecokelatan. Lalu buatlah sausnya dengan memanaskan mentega dan bumbu lainnya bersama saus tomat hingga harum dan beri tepung maizena agar saus mengental. Cara penyajian resep masakan ayam ini adalah dengan menyajikan ayam goreng diatas piring saji kemudian disiram dengan saus asam manis.

23. Resep Ayam Bumbu Kecap Enak

merupakan resep masakan ayam yang enak, simple dan gampang cara buatnya. Caranya lumuri potongan daging ayam dengan garam dan jeruk nipis, biarkan sejenak agar meresap. Goreng ayam hingga empuk, matang kecokelatan. Setelah itu siapkan wajan tumis, lalu tumis bumbu halus dan kecap dengan sedikit air sisa rendaman. Masukkan ayam goreng hingga air meresap dan surut. Resep masakan ayam bumbu kecap enak siap disajikan dengan nasi hangat yang pulen.

24. Resep Cara Membuat Ayam Tulang Lunak


merupakan resep masakan ayam yang nikmat, dengan tulang yang empuk dan gampang dibuat. Caranya siapkan ayam potong kemudian lumuri dengan bumbu halus dan masukkan dalam sarangan panci presto masak sekitar 30 menit. Setelah itu goreng ayam dalam minyak panas hingga matang kecokelatan. Resep masakan ayam tulang lunak siap disajikan.

25. Resep Cara Membuat Ayam Lada Hitam


adalah salah satu resep masakan ayam yang familier, nikmat dan mudah membuatnya. Caranya potong kecil ayam lumuri dengan bumbu dan biarkan sekitar 10 menit. Potong sayuran seperti paprika, cabai merah besar yang dibuang bijinya, lalu tumis hingga layu dan sisihkan. Kemudian panaskan minyak lalu tumis bumbu seperti bawang putih dan bawang bombai lalu masukkan ayam dan merica, lalu tambahkan air hingga matang. Terakhir msukkan kecap manis dan bumbu lada hitam lainnya, aduk hingga rata dan angkat. Resep masakan ayam lada hitam siap dihidangkan bersama nasi hangat.


Demikian informasi tentang 25 resep masakan ayam mudah dan lengkap, tertarik bukan untuk membuatnya. Semoga resep masakan ayam ini bermanfaat untuk anda, baik untuk hidangan keluarga maupun sebagai bahan referensi memulai usaha kuliner. Semangat berkreasi dengan resep masakan ayam yang termaktub dalam tulisan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D