Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 28 April 2015

Resep Cara Membuat Gulai Ikan Patin Khas Riau

Advertisement
Advertisement

Gulai ikan patin - nama masakan yang satu ini pastinya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Pekanbaru, Riau. Pekanbaru adalah daerah yang diapit oleh empat sungai (Rokan, Kampar, Indragiri dan Siak). Dengan tempat dan wilayahnya yang strategis, membuat ikan patin sangat betah tinggal di daerah ini dan inilah alasan mengapa Pekanbaru mendapatkan jatah ikan patin yang sangat berlimpah. Dengan begitu banyaknya ikan patin di daerah ini yang akhirnya membuat gulai ikan patin menjadi salah satu konsumsi harian dan juga ikon makanan khas Riau.

Setiap orang yang berkunjung ke Riau pasti mereka akan selalu menyempatkan untuk mencicipi menu khas Riau ini. Menu makanan dengan kuah asam pedas yang dikolaborasikan dengan kelezatan daging ikan patin, pasti membuat siapapun yang berada didekatnya tak sabar ingin langsung menyantapnya.



Kekhasan gulai ikan patin khas riau memang sudah tidak bisa diragukan lagi, terutama dari warna dan rasanya. Anda bisa membuktikannya sendiri ketika anda melihatnya. Warna kuahnya yang kuning dengan aroma rempah yang kuat mampu menggugah selera siapapun yang berada didekatnya, selain itu, citarasa asam pedas dari kuah patin akan membuat siapapun yang mencicipinya semakin ketagihan. Nah, pastinya penasaran dengan gulai asam pedas ikan patin khas riau ini bukan? Tenang saja, Anda tidak harus terbang ke Riau untuk bisa mencicipi kelezatannya gulai ikan patin ini, cukup catat dan praktikkan resep gulai ikan patin khas Riau dibawah ini. Tapi, sebelum beralih ke cara membuat gulai ikan patin, pastikan semua bahan-bahan telah lengkap dan barulah anda mulai ke tahap selanjutnya.

Resep cara membuat Gulai Ikan Patin Khas Riau

Bahan : 
- 2 ekor ikan patin ( 1kg)
- Air putih 1 liter
- Daun kunyit, jeruk dan salam masing-masing 2 lembar
- Asam kandis secukupnya
- Garam secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
- 1 ons cabe merah giling segar
- Jahe ½ ons
- Bawang putih 4 siung
- Bawang merah 6 siung
- 1 batang serai yang sudah digiling
- Kunyit sempu jari secukupnya yang sudah digiling

Cara membuat :
Setelah bahan yang dibutuhkan lengkap, mulailah masuk kedalam cara pembuatan. Nah, berikut adalah cara membuat gulai ikan patin yang mudah dan cepat.
1. Siapkanlah alat memasak seperti wajan atau kuali yang berukuran agak besar untuk memasak.
2. Tambahkan 1 liter air beserta bumbu yang sudah dihaluskan kedalam wajan/kuali dan tunggu hingga mendidih
3. Setelah air dalam kuali mendidih, masukkanlah semua bahan yang tersisa (daun kunyit, jeruk, salam dan asam kandis) bersamaan dengan ikan patin.
4. Berikan garam secukupnya dan tunggu hingga ikan patin masak.
5. Setelah ikan patin masak dan bumbu telah meresap, angkat gulai ikan patin anda dan sajikan.


Gulai ikan patin ini biasanya dijadikan sebagai lauk atau pengiring nasi. Masakan ini sangat mudah ditemukan dihampir setiap rumah di Riau. Selain itu, gulai ikan patin ini juga bisa ditemukan di rumah makan Minang ataupun Melayu. Jadi jangan kuatir jika anda tiba-tiba berkeinginan untuk mencicipi gulai ikan patin namun tidak punya cukup waktu untuk sekadar membuatnya, anda bisa meluangkan waktu untuk mendatangi rumah makan Minangkabau atau Minang, mereka akan siap sedia dengan permintaan anda. meskipun lebih hemat membuat sendiri :D


0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana