Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 30 April 2015

Resep ikan seruit khas Lampung

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Jika anda datang ke daerah Lampung, maka makanan yang paling terkenal dalam telinga adalah keripik dan pisang cokelat. Memang dua panganan ini memiliki rasa lezat pasti sudah terkenal. Tapi, makanan kahas Lampung tidak hanya itu saja. Pernahkan mendengar ikan seruit? Terasa asing didengar memang, namun ini memang benar-benar makanan khas Lampung. Seruit adalah salah satu makanan ikan olahan yang dibakar atau digoreng dan dicampur dengan tempoyak, sambal terasi, atau bahkan mangga. Menu panganan bernama seruit sendiri sebenarnya mempunyai arti kegiatan makan bersama-sama ketika berkumpul/bersilaturahmi, asal katanya dari “nyeruit”. Nah, karena dalam waktu berkumpul itu memerlukan makanan sebagai sajian maka lambat laun munculah resep makanan ini sebagai panganan khas kala sedang berkumpul, baik antar tetangga maupun saudara.



Jika anda gemar berkumpul bersama keluarga, saudara atau bahkan tetangga, mungkin anda harus mencoba resep ikan seruit khas Lampung ini. Cara pembuatannya mudah, bahannya pun cukup familiar dan mudah ditemukan, lebih lengkapnya simak resep ikan seruit dibawah ini!

Resep ikan seruit khas Lampung

Bahan yang digunakan ikan seruit khas Lampung:


  • Ikan patin 500 gram (ikan patin bisa diganti dengan ikan sungai seperti belida, layis, mas atau baung. Sesuaikan dengan selera)
  • Garam ½ sendok teh
  • Jeruk nipis 1 buah
  • Jahe dan bawang putih secukupnya

Bahan sambal ikan seruit khas Lampung:

  • Terasi udang 1 bungkus
  • Cabai merah keriting 50 gram (bisa disesuaikan sesuai selera)
  • Tomat ceri 100 gram
  • Bawang merah 3 siung
  • Tempoyak (duren yang telah difermentasikan) secukupnya
  • Mangga 1 buah yang diiris kecil-kecil
  • Air perasan jeruk nipis
  • Garam secukupnya


Cara membuat  ikan seruit khas Lampung :

  1. Dalam memasak ikan seruit dibutuhkan tempoyak atau duren yang difermentasikan. Jadi, langkah awal membuat seruit adalah dengan membuat tempoyak terlebih dahulu. Caranya mudah, ambil daging durian yang telah masak dan beri sedikit garam. Tambahkan dengan cabe rawit agar lebih cepat proses fermentasinya. Simpan adonan tempoyak ini dalam wadah tertutup dalam suhu ruang selama beberapa hari.
  2. Setelah tempoyak siap, maka selanjutnya adalah menyiapkan sambal untuk ikan seruit. Panggang terasi, cabai merah, tomat ceri, bawang merah. Setelah matang, angkat lalu haluskan dengan tempoyak, garam, air perasan jeruk nipis dan mangga yang telah dipotong. Haluskan dan kemudian sisihkan.
  3. Tahap selanjutnya adalah mengolah ikan. Bersihkan ikan patin, bumbui dengan bawang putih, jahe dan garam yang dihaluskan lalu bakar.
  4. Campurkan sambal dengan ikan dan seruit telah siap untuk disajikan.

Cara pembuatan ikan seruit memang rumit namun ini akan tergantikan dengan kelengkapan cita rasa asam, manis dan pedas yang ditawarkannya. Sajikan seruit dengan nasi hangat dan lalapan seperti kemangi, mentimun, terong bakar, jengkol dan labu siam yang direbus.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana