Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 29 April 2015

Resep membuat kue bhoi khas Aceh

Advertisement
Advertisement

Salah satu makanan khas Aceh adalah kue bhoi. Kue bhoi atau lebih dikenal dengan kue bolu ini memiliki bentuk yang sangat bervariasi mulai dari bunga, ikan, bintang, dll. Kue dengan rasa manis ini kerap kali dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan ketika berkunjung ke tempat hajatan, sunatan, kelahiran, kunjungan ke sanak saudara atau hanya sekedar silaturahmi ke tetangga. Namun, yang paling sering yaitu kue bhoi dijadikan sebagai salah satu hantaran wajib dari calon pengantin pria ke pengantin wanita dan juga pesta-pesta yang ada di kampung aceh.

btw : kemarin juga buat artikel masakan khas aceh juga loh yaitu Resep Keumamah Ikan kayu khas aceh


Resep membuat kue bhoi khas Aceh
Resep membuat kue bhoi khas Aceh


Seperti bentuknya, harga kue bhoi sendiri cukup bervariasi, mulai dari yang paling murah sekitaran Rp 5000 hingga yang mahal berharga ratusan ribu rupiah. Kue bhoi sangat mudah ditemukan di pasar tradisional ataupun langsung dipesan ditempat pembuatnya. Untuk cara membuatnya pun sebenarnya tergolong rumit karena dibutuhkan keuletan dan kesabaran yang ekstra untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, bukan berarti ini akan sulit sekali. Nah, untuk anda yang gemar memasak dan sangat ingin merasakan kue khas Aceh, mungkin bisa membuat sendiri dirumah dan tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Aceh demi mendapatkan kue bhoi. Lebih jelasnya, langsung saja kami berikan kepada anda resep kue bhoi khas Aceh.

Resep membuat kue bhoi khas Aceh

Ini nih Peralatan yang di butuhkan
Yang perlu disiapkan dalam pembuatan kue bhoi tentunya adalah peralatan dan bahan. Peralatan untuk membuat kue bhoi tidaklah susah, anda cukup menyiapkan wadah seperti baskom, cetakan kue, dan juga oven.

Bahan yang di butuhkan :
- ¼ kg tepung terigu
- ¼ kg gula pasir
- Telur ayam sebanyak 5 butir
- Vanili 2 bungkus
- ¼ sendok soda

Cara pembuatan Resep membuat kue bhoi khas Aceh :
1. Siapkan baskom atau wadah yang akan digunakan untuk mencampur bahan, pastikan ini berukuran agak besar sehingga anda mudah untuk mencampur adonan.
2. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah memasukkan telur sebanyak 5 butir kedalam baskom, selanjutnya tambahkan gula dan kocok perlahan sehingga adonan mengembang.
3. Selanjutnya masukkan soda dan juga vanili kedalam campuran gula dan telur, kocok terus hingga semua bahan menyatu.
4. Setelah semua bahan menyatu, masukkan tepung terigu secara bertahap dan aduk terus hingga merata.
5. Masukkan adonan yang telah merata kedalam cetakan dan panggan dalam oven.
6. Setelah kue bhoi matang, angkat lalu sajikan.

Untuk menjaga kue bhoi tahan dalam waktu yang cukup lama, masukkan dalam wadah yang tertutup rapat. Nah, bagaimana? mudah bukan? Itulah resep dan cara pembuatan kue bhoi khas Aceh. Kalau begitu cobalah membuat kuliner khas Aceh ini dan rasakan nuansa Aceh berada di sekitar rumah Anda. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D