Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 29 April 2015

Resep Sambal Ikan Colo-colo khas Ambon

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Ikan Colo-colo khas Ambon - Jika anda seorang penggemar sambal, pasti tidak asing dengan nama sambal khas Ambon satu ini, sambal ikan colo-colo. Sambal yang berbeda dari sambal biasanya dan terkesan tidak lazim ini mampu memberikan nuansa berbeda di lidah para penggemarnya. Sensasi rasa manis dan pedas luar biasa yang disajikan sambal ini mampu menjadikan sambal colo-colo menjadi sambal terfavorit masyarakat Ambon. Dan ini terbukti dari keseharian mereka yang tidak lepas dari santapan pedas ini. Biasanya mereka mengombinasikan sambal colo-colo dengan ikan bakar dan salah satu hal yang unik adalah bagaimana cara orang Ambon menikmati sambal ini. Mereka menikmatinya dengan cara diminum bukan dicolek seperti lazimnya sambal ulek lainnya. Apakah anda penasaran dengan rasa sambal satu ini? Berkunjunglah ke Ambon, karena hampir disetiap rumah makan menyediakan sambal colo-colo. Karena begitu banyaknya tempat yang menyediakan menu ini, anda tidak usah repot dan bingung menemukan tempat yang cocok untuk berwisata kuliner menikmati sambal colo-colo.


 Ikan Colo-colo khas Ambon
 Ikan Colo-colo khas Ambon


Dan jika anda berada jauh dari Ambon dan sangat ingin menikmati wisata kuliner ini, lebih baik jika anda mencoba untuk membuatnya sendiri. Jangan kuatir karena ini mudah dan anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal colo-colo juga sangat familiar, umum dan mudah diketemukan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba meracik sambal colo-colo dirumah bukan? Nah, berikut ini kami berikan resep sambal ikan colo-colo khas Ambon dengan sensasi pedas manis yang khusus untuk anda.

Resep sambal ikan colo-colo
Bahan yang harus disiapkan
- Cabe merah atau hijau 12 buah yang telah diiris kasar
- Tomat 4 buah potong kotak-kotak kecil
- Bawang merah 8 siung yang diiris kasar
- Mentega cair atau minyak goreng secukupnya
- 2 sendok makan air perasan jeruk nipis
- ¼ sendok teh garam
- ¼ sendok teh gula pasir
- 2 sendok makan kecap manis
- Air putih 50 ml

Cara membuat sambal ikan colo-colo khas Ambon
1. Campurkan semua bahan yang telah disiapkan (cabe rawit, tomat, bawang merah, gula pasir, minyak dan garam) dan aduk sampai rata.
2. Setelah merata tambahkan air beserta air jeruk nipis kemudian aduk hingga rata. Jika anda suka, anda bisa menambahkan 2 sendok makan kecap manis. Sesuaikan dengan selera anda dan keluarga anda.
3. Sajikan sambal colo-colo dengan nasi putih dan juga ikan bakar yang masih hangat. Jangan lupa tambahkan dengan lalapan berupa sayuran mentah seperti terong, selada, kacang panjang dan kemangi agar terlihat lebih menggugah selera.

Itulah resep mudah dan cepat membuat sambal ikan colo-colo. Sambal ini sebenarnya bisa dikolaborasikan dan dikombinasikan sesuka hati asalkan bahan-bahan yang digunakan tidak lepas dari beberapa bahan diatas. Yang pasti selalu sesuaikan sensasi manis pedasnya dengan selera anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D