Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 30 April 2015

Resep Tahu Kok Khas Bangka Belitung

Advertisement
Advertisement

Jika anda pernah menemukan sup bening dengan baso ikan didalamnya, berarti anda telah menemukan masakan khas Bangka Belitung yang bernama tahu kok. Tahu kok adalah menu olahan ikan yang sangat mudah untuk dibuat. Karena tahu kok berbahan dasar ikan tenggiri, maka kandungan omega 3 dan protein didalamnya sanggup mencegah penyakit jantung, mencegah sel kanker dan juga menurunkan tekanan darah tinggi dan stress.

Tahu Kok Khas Bangka Belitung
Tahu Kok Khas Bangka Belitung


Selain ikan tenggiri yang lezat, seperti namanya, makanan yang satu ini dikombinasikan dengan tahu. Dan membuatnya juga terasa sangat sederhana karena anda hanya cukup mengolah ikan tenggiri dan memasukkannya kedalam tahu ataupun kembang tahu. Penasaran? Langsung saja simak resep tahu kok khas Bangka Belitung berikut ini:

Bahan Tahu Kok Khas Bangka Belitung :
- Tahu putih 1 buah yang dipotong bentuk segitiga
- Bakso ikan 15 buah yang siap pakai
- Kulit kembang tahu 50 gram dan dipotong ukuran 15x10 cm
- Minyak goreng

Bahan isian tahu
- Daging ikan tenggiri giling 100 gram
- Udang yang telah digiling 100 gram
- Bawang putih 2 siung yang telah dihaluskan
- Telur 1 butir
- Garam ¾ sendok teh
- Merica bubuk secukupnya
- Gula pasir secukupnya

Bahan kuah tahu kok
- 1,5 liter air kaldu ayam
- Bawang putih goreng secukupnya
- Kaldu ayam 1 blok
- Merica bubuk ¼ sendok teh
- Minyak wijen ¼ sendok teh
- Garam dan gula pasir secukupnya
Bahan pelengkap
- Bawang merah goreng dan
- Daun bawang yang diiris tipis

Setelah semua bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah mengolah makanan khas Bangka Belitung ini.

Cara pembuatan tahu kok khas Bangka Belitung:
1. Pertama, buatlah isian tahu kok terlebih dahulu. Aduk rata daging ikan tenggiri, udang telur, bawang putih, merica bubuk, garam dan gula pasir hingga merata lalu sisihkan.
2. Masukkan isian tahu kedalam tahu yang sudah anda potong segitiga tadi. Caranya mudah, buang isi tengah pada tahu dan masukkan isian yang telah anda buat kedalamnya, lalu gulung. Kukus tahu yang telah anda isi selama kurang lebih 20 menit hingga tahu benar-benar matang.
3. Ambil kembang tahu dan masukkan adonan isi tahu kedalamnya. Kukus selama 20 menit lalu goreng hingga berwarna kekuningan.
4. Setelah bahan tahu kok dan juga kembang tahu sudah matang, kini saatnya membuat kuahnya. Caranya mudah, rebus air kaldu ayam yang telah disiapkan, tambahkan bawang putih goreng, garam, kaldu blok, merica bubuk, minyak wijen. Masak hingga mendidih dan mengeluarkan aroma harum. Lalu sajikan.

Sajikan tahu kok dengan cara menata irisan tahu dan kembang tahu pada mangkok lalu siram dengan kuah. Taburi bawang goreng dan irisan daun bawang diatasnya. Mudah bukan? Cobalah untuk membuat makanan kaya gizi ini di dapur rumah anda. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D