Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 13 Mei 2015

Es Aia Aka : Minuman Khas Sumatera Barat yang Menyegarkan

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Ada banyak minuman khas Sumatera Barat yang bisa kamu ditemui. Kebanyakan unik dan juga memiliki rasa yang sangat segar, salah satunya adalah Es Aia Aka. Aia Aka merupakan salah satu menu minuman khas Padang yang berbahan dasar dari cincau. Bentuk dari minuman ini mirip dengan agar-agar atau cendol. Teksturnya kenyal dan lembut ketika disantap, jelas saja karena memang ini terbuat dari cincau hijau. Cincau hijau yang digunakan untuk membuat aia aka berwarna hijau mengkilat karena ini berasal dari racikan daun cincau yang diolah dengan cara tradisional. Sekilas jelas ini akan nampak berbeda, jika olahan cincau biasanya berwarna hitam, maka ini mempunyai warna hijau tua yang menggoda. Dalam penyajiannya, biasanya minuman ini disajikan dengan air jeruk nipis dan juga santan kental manis. Selain rasanya yang nikmat, minuman satu ini mempunyai banyak manfaat khususnya bagi kamu yang sedang menderita panas dalam. Nah, di beberapa tempat, minuman ini kerap dijadikan sebagai menu buka puasa, jelas karena rasanya yang cukup nikmat dan menyegarkan. 


Es Aia Aka : Minuman Khas Sumatera Barat
Es Aia Aka : Minuman Khas Sumatera Barat 


Es Aia aka ini terdiri dari cincau hijau dan juga kuah yang terbuat dari campuran gula merah dan santan yang telah dimasak. Untuk penyajiannya juga tidak repot, siapkan cincau hijaunya dalam gelas kemudian siram dengan santan dan gula merah yang telah direbus. Nah, sensasi unik akan kerasa ketika cincau telah masuk kedalam mulut, awalnya terasa manis dan ketika ditelan hingga tenggorokan cincau terasa segar.

Jika kamu membuat minuman aia aka sendiri, hal yang paling sulit itu adalah proses membuat cincau hijaunya. Pertama adalah mengumpulkan daunnya dan membersihkannya, kemudian meremas-remas dengan air sedikit demi sedikit kemudian saring dan masukkan dalam wadah. Tunggu hingga cincau menjadi beku dan siap digunakan. Beberapa orang cukup kesulitan pada tahap pembekuan, sehingga tak jarang mereka membuangnya karena adonan cincau tak kunjung beku. Tapi sekarang tidak perlu bingung, kini ada banyak penjual cincau hijau yang tersebar di pasar-pasar. Ini lebih cepat daripada kamu mencoba membuatnya sendiri.

Cincau hijau mempunyai banyak manfaat antara lain mampu mengatasi sembelit, panas dalam, demam, diare, melancarkan pencernaan, menghilangkan perut kembung hingga mampu mencegah kanker. Selain beberapa manfaat tersebut, kandungan kurin-1 dimetoida mampu membuat otot kamu menjadi kendur, kemudian senyawa isokandrodendrin juga mampu mencegah tumor. Bagaimana? Cukup kaya manfaat bukan? Karena hal itulah, minuman ini selain tepat disediakan sebagai hidangan penutup, juga sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa.

Nah, penasaran untuk segera mencoba minuman khas Padang ini? Hanya dengan bahan santan kelapa, gula aren dan cincau hijau, kamu sudah bisa merasakan minuman khas Padang yang segar dan penuh manfaat. Biar makin segar, jangan lupa tambahkan es. Selamat mencoba!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana