Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 08 Mei 2015

Resep Dengke Ikan Mas na Niura Khas Batak

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Dengke Ikan Mas na Niura Khas Batak – Dalam acara pesta dan juga cara keluarga masakan yang kerap disajikan biasanya adalah menu khas dari daerah tersebut. Sama halnya juga di daerah batak, untuk menyambut tamu di berbagai macam acara seperti pesta adat, pernikahan, atau sekedar kumpul keluarga, ada begitu banyak masakan yang wajib untuk disajikan seperti saksang, na niura, arsik, dll. Diantara banyaknya jenis makanan khas Batak tersebut, ada satu jenis makanan yang ternyata dimakan mentah, dan ini bernama dengke ikan mas na niura.  
Baca juga : Resep Bolgang dan Sambal Tuk-Tuk Asli Medan

Dengke Ikan Mas na Niura Khas Batak
Dengke Ikan Mas na Niura Khas Batak


Awalnya, dengke mas na niura adalah makanan yang hanya disajikan khusus untuk para raja, namun sekarang karena rasanya yang sangat lezat, maka seluruh masyarakat Batak ingin pula menyantapnya. Sesuai dengan namanya, na niura yang berarti mentah atau tidak dimasak (bahasa Batak). Namun, isian dari air jeruk nipis dan garam yang dimasukkan dalam ikan mas dan juga digunakan untuk merendam inilah yang secara otomatis mampu mengubah ikan yang tadinya amis menjadi tidak terasa amis. Setelah itu, rasa unik dari berbagai bumbu yang dilumurkan juga membuat sajian ini begitu dicari, khususnya masyarakat Batak.

Dengke ikan mas na niura, jika diperhatikan sekilas akan mirip dengan santapan khas Jepang yaitu sushi, bedanya dengke mas na niura ini disajikan dengan berbagai macam bumbu lengkap khas Batak. Resep dengke mas na niura sangat terkenal dan kini dapat juga dirasakan tidak hanya masyarakat Batak, namun juga seluruh wilayah Indonesia. Bagi kamu yang baru mengenal atau tahu tentang masakan ini, maka perlu untuk mencoba resep dengke ikan mas na niura dibawah ini.

Bahan utama dan bumbu yang harus disiapkan

  • 1 ekor ikan mas seberat 500 gr
  • Air perasan jeruk nipis 1 sendok teh
  • Garam ½ sendok teh
  • Serai 1 batang yang telah dimemarkan
  • Cabe merah 5 buah dan cabe rawit 2 buah (bisa disesuaikan sesuai selera)
  • Bawang merah 6 buah yang dibakar/dipanggang
  • Kunyit 3 cm
  • Kemiri 8 butir
  • Lengkuas 2 cm
  • Ketumbar 2 sendok teh (bubuk)
  • Garam 2 sendok teh


Cara membuat dengke mas na niura

  1. Bersihkan ikan dengan air mengalir
  2. Pada bagian punggungnya, belah lalu isi dengan garam dan air perasan jeruk nipis, lalu rendam dan diamkan selama kurang lebih 15 menit untuk menghilangkan rasa amis dalam ikan.
  3. Haluskan bumbu (cabai merah, rawit, bawang merah, kunyit, ketumbar, kemiri, garam dan lengkuas) kemudian lumuri ikan dengan bumbu yang telah dihaluskan hingga merata.
  4. Sajikan diatas piring saji dan dengke mas na niura siap disantap

Baca juga : Resep Cara membuat ikan arsik khas batak
Cukup sederhana dan mudah untuk mempraktikkan resep dengke ikan mas na niura diatas bukan? Dengan tekstur ikan mas yang lembut, lezat dan gurih menjadikan dengke ikan mas na niura menjadi menu andalah warga Batak. Lengkapi sajian dengke mas na niura ini dengan lalapan seperti selada dan tomat agar semakin menggugah selera makan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D