Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 08 Juni 2015

Resep Membuat rujak mie Palembang

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Membuat rujak mie Palembang – Variasi pempek di Palembang memang sangat banyak: mulai dari dimasak dengan sup udang yaitu tekwan atau model, dimakan hanya dengan cuko, dimakan dengan santan yaitu celimpungan, dipanggang yaitu tunu, didadar dengan telur yaitu lenggang, dan yang terakhir adalah pempek yang disajikan dengan mie dan beberapa campuran lain yang terkenal dengan nama rujak mie. Kalau mendengar nama rujak, biasanya hal yang kita bayangkan adalah sebuah makanan yang terdiri dari berbagai macam campuran dan kemudian disiram dengan kuah rujaknya.

Resep Membuat rujak mie Palembang
Resep Membuat rujak mie Palembang

Rujak mie memang campuran dari beberapa bahan makanan seperti mie kuning, mentimun, taoge, dan beberapa racikan lainnya. Biasanya dalam penyajiannya, rujak mie tidak hanya ditemani dengan kuah rujaknya saja, namun juga dengan pempek. Ya, memang pada dasarnya, rujak mie sendiri adalah kombinasi dari pempek dan tambahan beberapa bahan khususnya mie. Jadi, jika kamu sudah mempunyai adonan pempek matang dirumah, membuat rujak mie pasti akan lebih mudah karena tidak memakan waktu yang lama.

Baca juga : Resep Pempek Khas palembang

Rujak mie sangat cocok dijadikan sebagai menu selingan dalam menyantap hidangan santan, daging dan juga minyak, ini karena tekstur dan rasanya yang segar. Yang menjadikan panganan ini nampak segar adalah kuahnya asam manis alias cuko yang dikombinasikan dengan bahan dasar rujak mie yaitu timun, taoge serta tahu goreng. Selain itu rasa yang paling nikmat adalah ketika rujak mie ini ditaburi dengan ebi halus. Sudah bisa dipastikan bakal banyak orang yang akan tergoda untuk menyantapnya walau hanya melihat ataupun mencium aromanya.

Lalu bagaimana cara untuk membuat rujak mie Palembang? Lebih jelasnya langsung saja cek resep nya dibawah ini, yang pasti untuk bahannya sangat mudah ditemukan di pasar tradisional ataupun pasar modern. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya. Untuk lebih detail, cek resep rujak mie Palembang mulai dari membuat hingga penyajiannya.

Bahan yang diperlukan untuk membuat rujak mie


  • Pempek secukupnya
  • Mie basah 150 gram (mie telor)
  • Soun yang telah direndam dalam air panas 25 gram
  • Mentimun yang telah diiris dadu kecil secukupnya
  • Taoge secukupnya
  • Gula merah 250 gram
  • Air matang 150 ml
  • Ebi yang telah direndam dalam air panas 50 gram
  • Cuka masak 2 sendok makan
Bumbu halus
  • Bawang merah 10 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai merah 10 buah
  • Ebi secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara membuat kuah rujak mie
  1. Siapkan panci dan masaklah gula merah dengan air. Masak hingga gula larut.
  2. Angkat gula merah, saring dan didihkan lagi.
  3. Masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan dan masak hingga matang, kemudian dinginkan.
  4. Tambahkan cuka masak ketika air rebusan gula merah telah dingin.
  5. Ambil pempek dan potong kecil-kecil.
  6. Masukkan pempek, mie, taoge, dan mentimun dalam mangkoko saji dan tuangkan bumbu rujak diatasnya.
  7. Agar lebih nikmat, taburi dengan ebi.

Rujak mie bisa dinikmati tanpa atau dengan pempek, sesuai dengan selera. Sekian resep rujak mie Palembang ini, dan selamat mencoba kuliner asli Sumatera Selatan ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana