Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 26 Juni 2015

Resep Sup Tunjang Khas Riau

Advertisement
Advertisement

Resep Sup Tunjang Khas Riau - Sup tunjang memang sangat sesuai untuk menu sehat keluarga. Menu makanan satu ini merupakan salah satu makanan yang paling ditunggu-tunggu keluarga. Bagi bunda yang ingin menyiapkan menu makanan yang segar, sup tunjang ini bisa menjadi salah satu referensi makanan bagi keluarga. Apalagi di saat musim hujan seperti sekarang ini, sajian hangat sup bisa menjadi pelengkap kebersamaan.
Resep Sup Tunjang Khas Riau
Resep Sup Tunjang Khas Riau 

Sup tunjang memiliki cita rasa gurih dengan kuah dari tulang-tulang sapi yang masih terbalut dengan daging yang cukup tebal. Untuk mendapatkan rasa yang lembut, kuah harus dimasak cukup lama dengan api sedang. Proses memasak tersebut akan membuat teksturnya lebih lembut dan daging akan lebih mudah terlepas dari tulangnya. Untuk menambah kesegarannya, tambahkan jeruk nipis. Kombinasi antara jeruk nipis dan wewangian dari daun seledri dan bawang goreng akan meningkatkan nafsu makan. Di Riau, sup tunjang sering disiapkan untuk menghangatkan tubuh ketika musim hujan tiba.

Baca juga sebelumnya saya menulis masakan berbahan daging sapi Resep semur daging sapi Medan yang bisa anda coba jika saat ini anda punya bahan daging sapi. 

Sup tunjang merupakan menu wajib yang disiapkan untuk jamuan keluarga. Para ibu menganggap dirinya belum sempurna sebelum mampu menyajikannya sendiri untuk menu jamuan. Bisa dikatakan bahwa setiap ibu di Riau diharuskan mampu membuatkannya untuk keluarga. Untuk kamu yang penasaran dengan cita rasa sup tunjang yang tak ada duanya, tidak perlu repot-repot datang ke Riau karena sekarang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana cara membuat sup tunjang yang melegenda? Nah, berikut ini ulasannya: 

Bahan yang diperlukan

  • Tulang iga sapi 500 gram
  • Tomat 1 buah yang potong dadu
  • Kentang 2 buah yang dikupas dan potong-potong dadu
  • Daun bawang 2 batang diris halus
  • Wortel 2 buah yang telah kupas dan potong-potong
  • Daun seledri 2 tangkai iris-iris tipis
  • Bawang goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  • Haluskan bawang putih 4 siung
  • Pala bubuk ½ sendok makan
  • Merica bubuk ½ sendok makan
  • Penyedap rasa sapi secukupnya
  • garam secukupnya

Cara praktis membuat sup tunjang

  1. Siapkan air untuk merebus tulang iga sapi. Rebus hingga empuk. Jika anda memiliki sedikit waktu gunakanlah presto, ini akan mempercepat proses perebusan.
  2. Ambil kentang dan wortel yang sudah dipotong dan dicuci bersih kemudian masukan semuanya bersama dengan rebusan tulang iga. Sisihkan.
  3. Siapkan wajan dengan minyak yang dipanaskan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum kemudian masukan ke air rebusan tulang.
  4. Kemudian masukan potongan tomat segar yang berbentuk dadu kemudian aduk lalu taburi dengan bawang goreng.
  5. Tambahkan daun bawang, seledri kemudian angkat ketika air rebusan mendidih.
  6. Sajikan sup tunjang dalam keadaan panas dengan sambal cabai rawit dan kecap manis.


Jika anda menganggap dirimu ibu yang sempurna untuk keluarga, maka kamu bisa mencoba membuatkan sup tunjang ini sebagai sajian penghangat dan tentu akan mendapatkan banyak pujian dari seluruh anggota keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D