Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 06 Agustus 2015

Resep Membuat Siput Gonggong Khas Riau

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Membuat Siput Gonggong Khas Riau - Dari namanya, hal yang pertama kali kita bayangkan adalah suara dari seekor hewan. Namun, jika kamu bepergian ke beberapa tempat di kepulauan Riau seperti Bangka, Batam dan Bintan, maka gonggong bisa berarti dua hal, satu suara hewan dan satunya nama hewan laut, alias siput. Siput gonggong merupakan salah satu jenis siput yang hanya ditemukan di kawasan kepulauan Riau. Siput ini mempunyai kandungan yang cukup baik bagi tubuh khususnya dalam hal protein. Nah, selain itu, rasanya juga cukup lezat dan sering dijadikan sebagai alternatif panganan sehari-hari oleh para penduduk lokal. Sebenarnya, olahan siput gonggong di daerah ini tidak sulit, bahkan sangat mudah dan sederhana, namun banyak orang yang menyukainya. Tidak hanya penduduk setempat, tapi juga wisatawan. baca juga olahan Gulai siput khas tanjung pinang

Resep Membuat Siput Gonggong Khas Riau
Resep Membuat Siput Gonggong Khas Riau
Baca juga : resep pindang tulang palembang
Siput gonggong memiliki warna cangkang putih kekuningan dengan tekstur daging yang jauh lebih lebih lembut dari siput biasanya. Salah satu hal mengapa banyak orang menyukai gonggong dikarenakan ini tidak berlendir seperti siput umumnya. Untuk cara menyantapnya ternyata memang luar biasa tidak sama dengan lainnya, ada seni tersendiri ketika menyantap siput gonggong. Penduduk lokal menggunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan gonggong dari dalam cangkang, kemudian diangkat. Nah, disinilah kelihaian dan kesabaran di pemakan diuji, jika kamu mengeluarkan dagingnya terlalu lama maka daging akan masuk lagi, alias gagal. Jadi, tusuk lalu angkat dengan segera.

Siput gonggong terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan makanan laut lainnya, harga siput gonggong bekisar 30 ribu rupiah dan ini jelas sangatmurah daripada harga kepiting yang melambung hingga 150 ribu per satu kilonya. Biasanya siput gonggong diolah dengan cara direbus ataupun digoreng, tinggal sesuaikan dengan selera pengonsumsi. Namun, banyak orang yang lebih suka mengonsumsi gonggong dengan cara direbus dan dikolaborasikan dengan sambalnya. Untuk rasa siput gonggong sendiri mirip dengan daging biasa yang hambar tanpa rasa, namun ketika disandingkan dengan sambal kecapnya, maka ini menjadi salah satu makanan yang nikmat dan pastinya lezat bergizi.
Nah, penasaran dengan cara mengolah siput gonggong? Simak langsung panganan khas Riau ini.

Bahan yang diperlukan

  • Siput gonggong 1 kg
  • Air secukupnya

Bumbu merebus gonggong

  • Lengkuas
  • Jahe
  • Bawang merah yang digeprek 3 butir
  • Bawang putih yang digeprek 5 siung
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Daun salam 2 lembar

Bumbu sambal

  • Cabai rawit
  • Bawang merah
  • Air perasan jeruk nipis
  • Kecap manis

Cara membuat sajian siput gonggong

  1. Siapkan gonggong dan cuci hingga bersih.
  2. Siapkan panci dengan air yang telah panas mendidih.
  3. Masukkan gonggong dan juga bumbu untuk merebus kedalamnya.
  4. Rebus sekitar 30 menit hingga bumbunya meresap.
  5. Angkat lalu tiriskan dan siapkan dalam piring saji
  6. Sambal : iris bawang merah dan bawang putih yang tadi digeprek kemudian masukkan ke dalam mangkok saji. Masukkan kecap manis dan sedikit air jeruk nipis.

Nah, itulah ulasan dan resep siput gonggong khas Batam. Sajikan keduanya bersamaan dan jangan lupa untuk melengkapi dengan tusuk gigi untuk membantu mengeluarkan gonggong dari cangkangnya. Selamat mencoba!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana