Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 10 Agustus 2015

Resep Membuat Sotong Masak Hitam Pedas Khas Riau

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Membuat Sotong Masak Hitam Pedas Riau - Sotong merupakan salah satu kerabat cumi-cumi yang mempunyai rasa tinta yang lebih gurih. Sotong mempunyai banyak kandungan antara lain vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), niasin, asam folat, dan juga beberapa vitamin seperti A, D, E, dan K. Selain kandungan gizi diatas sotong juga kaya akan omega-3 yang berfungsi untk menurunkan darah, menyumbat arteri, serta menurunkan risiko pembekuan darah. Namun, meskipun sotong memiliki banyak kandungan vitamin dan gizi, tetap harus dikonsumsi sewajarnya, karena kandungan kolesterol sotong jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kerabatnya. Meski begitu, banyak orang yang tetap saja mengonsumsinya karena rasanya yang lezat juga gizinya. baca juga resep khas riau lainnya Ikan bakar sambal mangga

Sotong Masak Hitam Pedas Khas Riau
Sotong Masak Hitam Pedas Khas Riau

Salah satu resep masakan sederhana olahan sotong adalah sotong masak hitam pedas. Ini adalah salah satu kuliner khas Riau yang cukup digemari meskipun warna hitamnya bagi sebagian orang dibilang menjijikkan. Namun justru tinta hitam dengan rasa gurih inilah yang paling digemari. Sebagian besar warung makanan yang menyediakan sotong kebanyakan tidak pernah atau jarang menyediakan kuliner sotong masak hitam. Kemungkinan hal ini dikarenakan warnanya yang hitam dianggap tidak menarik dan tidak menggugah selera makan. Namun, bukannya tidak ada salahnya kita untuk mencoba panganan satu ini. Dengan sedikit kreasi makanan yang tadinya bertampilan ngeri ini akan ludes seketika ketika dicicipi. Daripada penasaran, langsung saja kita ulas bagaimana caranya untuk mengolah sotong masak hitam pedas berikut.

Bahan yang diperlukan membuat sotong masak hitam pedas

  • Sotong segar 500 gram
  • Jeruk nipis 1 butir yang diambil airnya
  • Bawang merah 4 butir yang diiris tipis
  • Bawang putih 3 siung yang diiris tipis
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Jahe 1 ruas yang diiris tipis
  • Serai 1 batang diambil yang putih dan dikeprek
  • Minyak goreng secukupnya
  • Cabai hijau 4 buah yang diiris menyerong (sesuaikan selera)
  • Air 2 sendok makan
  • Garam secukupnya

Cara membuat sotong dengan kuah hitam

  1. Ambil sotong kemudian bersihkan. Pisahan dengan cangkangnya namun biarkan tintany tetap ada. Campur dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit.
  2. Siapkan wajan berisi minyak panas lalu masukkan bawang merah, daun jeruk, serai, bawang putih, jahe dan juga cabai. Tumis dan aduk hingga mengeluarkan aroma yang harum.
  3. Masukkan sotong yang sudah dibersihkan dan juga tintanya.
  4. Masak hingga kuah sotong mengental dan isinya juga matang.
  5. Angkat kemudian hidangkan.

Resep sotong masak hitam pedas diatas bisa diatur tingkat kepedasannya. Hidangan satu ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan siang bersama keluarga. Dengan sajian pedas dan rasa gurih yang nikmat pasti membuat siapapun yang memakannya ketagihan. Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D