Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 16 September 2015

Resep Kue Poci Khas Jepara

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Poci Khas Jepara – Kue poci merupakan jajanan pasar khas Jepara. Hampir di seluruh Indonesia, terutama di pasar tradisional ada kue ini dengan nama yang berbeda. Seperti kue poci sendiri, kue koci, kue bugis dan lain sebagainya. Kue yang sering dijajakan di pasar ini sangat sehat untuk dikonsumsi karena cara pembuatannya dikukus dengan daun pisang. Kue berbentuk prisma tersebut memiliki rasa yang enak dan lezat. Tidak kalah dengan makanan berbahan pengawet yang sering dijual di zaman modern ini.

Makanan yang terbuat dari tepung ketan dengan nama kue poci tersebut memang ada di daerah-daerah lain selain Jepara. Namun, jika di daerah Anda tidak ada kue ini, bisa dicoba untuk membuatnya dengan resep kue poci khas Jepara. Tentu hasil buatan tangan Anda tidak akan berbeda dengan aslinya jika menggunakan resep kue poci khas Jepara ini. Sebagai camilan dan jajanan yang dikonsumsi di waktu luang, bolehlah makanan ini dicoba.

Kue Poci Khas Jepara
Kue Poci Khas Jepara
Cara membuatnya cukup mudah dan tidak ribet. Anda hanya perlu membaca dan melakukan semua yang diinstruksikan oleh resep kue poci khas Jepara.

Bahan:

  • 300 gram tepung ketan
  • ½ liter santan kental
  • 75 gram tepung kanji
  • ½ sendok teh garam
  • Daun pisang atau daun pandan secukupnya

Bahan Isian:

  • 150 gram parutan kelapa
  • 50 ml air
  • 50 gram gula pasir
  • ¼ sendok teh garam
  • Gula merah atau gula Jawa secukupnya

Cara Membuat:

  1. Masak semua bahan isian dan diaduk-aduk sampai kalis. Sisihkan
  2. Campur santan dengan garam, kemudian didihkan. Angkat dan biarkan sedikit hangat. Kemudian sisihkan.
  3. Campur tepung kanji dan tepung ketan. Tuangkan santan yang sudah direbus tadi sambil diuleni. Biarkan adonan sampai kalis.
  4. Ambil adonan, kemudian pipihkan. Letakkan bahan isian tadi (enten-enten)
  5. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat. Lakukan hal tersebut sampai adonan habis.
  6. Bungkus dengan daun pisang atau daun pandan
  7. Kukus dalam kukusan sampai matang. Angkat.
  8. Tata di piring saji
  9. Sajian siap dinikmati

Kue poci lebih enak dimakan saat sudah agak dingin. Sebab kalau masih panas rasanya kurang enak, lidah Anda akan merasakan panas (karena yang dominan memang itu), bukan rasa dari kue poci itu sendiri. Karena itulah biarkan dingin. Jangan khawatir kehilangan kelezatannya. Makanan ini, kan dibungkus menggunakan daun pisang atau daun pandan. Jadi, tidak akan mengurangi kenikmatannya. Bahkan akan lebih nikmat jika dibungkus menggunakan daun pisang tersebut daripada dengan plastik. Baca Juga : Resep Membuat Kue Klenyem Khas Jepara
Demikianlah resep kue poci khas Jepara yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan teruslah memasak serta berinovasi dengan masakan Anda. Salam koki.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana