Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 11 September 2015

Resep Martabak Telur Lebaksiu Khas Tegal

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Martabak Telur Lebaksiu Khas Tegal – Selain martabak manis, di Lebaksiu juga ada martabak telur yang rasanya endos sekali. Dijual bersama martabak manis di pinggir-pinggir jalan. Rasanya yang lezat, gurih dan menggoyang lidah tersebutlah yang menjadikan martabak ini banyak disukai oleh penggemarnya. Kalau Anda yang menyukai hidangan pedas, bisa memakan martabak telur dengan cabai rawit hijau atau membuat saus kecap sendiri. Karena kalau dipadukan dengan cabai maupun saus, rasanya akan lebih lengkap. Keluarga Anda pasti suka deh kalau dibelikan oleh-oleh makanan ini.

Akan tetapi, mulai sekarang Anda sudah tidak usah membelikan mereka oleh-oleh martabak telur. Kenapa? Karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa harus bersusah payah ke Lebaksiu. Lagipula dengan resep martabak telur Lebaksiu khas Tegal tidak akan membuat olahan martabak buatan Anda kehilangan kekhasan rasanya, kok. Coba saja kalau tidak percaya. Bukannya lebih murah dan hemat waktu membuatnya sendiri di rumah? Kalau dikalkulasi lagi, dibandingkan membeli akan lebih hemat membuatnya sendiri di rumah. Anda jadi tidak perlu ke mana-mana, deh.

Martabak Telur Lebaksiu Khas Tegal
Martabak Telur Lebaksiu Khas Tegal 
Cara membuat martabak telur ini tidaklah sulit seperti yang Anda pikirkan. Cukup dalam waktu satu jam saja, Anda sudah bisa menghidangkannya di meja makan keluarga. Bacalah resep martabak telur lebaksiu khas Tegal untuk membuktikannya.

Bahan:

  • 1 butir telur, untuk kulit
  • 4 butir telur ayam atau telur bebek untuk adonan
  • ¼ kg daging sapi, cincang kecil
  • 200 gram tepung terigu protein sedang untuk bahan kulit martabak
  • ½ sendok teh garam
  • 4-5 batang daun bawang, iris halus
  • 4 butir bawang putih, cincang halus
  • 8 butir bawang merah, iris halus
  • 1 buah bawang bombay, iris halus
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 150 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Buat kulit martabak dengan memasukkan tepung terigu, satu butir telur, garam dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk dan diuleni sampai adonan rata dan kalis. Tambahkan air lagi jika kurang. Tetap aduk sampai rata.
  2. Bagi adonan menjadi dua bagian kemudian bentuk bulatan. Oleskan minyak di luar adonan dan diamkan selama 11-13 menit
  3. Kemudian lakukan hal tersebut lagi, yaitu mengolesi bagian luar adonan kulit dengan minyak dan taruh di wadah serta ditutup kain selama kurang lebih 60 menit atau sekitar satu jam. Sisihkan.
  4. Buat isi martabak dengan memanasi minyak dan menumis bawang putih, bawang merah serta bawang bombay yang sudah diiris halus. Aduk-aduk sampai aromanya tercium
  5. Masukkan cincangan daging. Aduk lagi sampai matang. Angkat
  6. Ambil adonan kulit yang sudah didiamkan selama satu jam tersebut dan pipihkan. Tekan dengan telapak tangan sambil agak memutar hingga melebar
  7. Pegang kedua ujung adonan kulit, lalu putar sampai adonan melebar lagi. Lakukan berulang kali sampai kelebaran yang diinginkan dan menjadi tipis
  8. Ambil isian martabak secukupnya. Masukkan ke dalam kocokan telur serta ditambahi penyedap rasa dan garam. Aduk sampai rata.
  9. Kemudian masukkan isian yang sudah dimasukkan ke dalam telur lalu taruh di atas kulit martabak
  10. Lipat ke ke tengah sampai tertutup.
  11. Panaskan minyak dan goreng hingga kecoklatan. Angkat.
  12. Martabak telur siap disajikan.

Memutar adonan kulit perlu teknik tersendiri. Anda harus belajar dulu agar bisa melakukannya, karena tidaklah gampang. Dengan hati-hati, Anda akan bisa membuatnya. Tenang saja karena resep martabak telur lebaksiu khas Tegal sudah mengajari Anda. Demikianlah resep martabak telur lebaksiu khas Tegal, semoga berguna untuk Anda dan teman-teman. Selamat memasak. Baca Juga : Resep Membuat Martabak Manis Lebaksiu Khas Tegal

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D