Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 17 September 2015

Resep Membuat Ampyang Khas Solo

Advertisement
Advertisement

Resep Ampyang Khas Solo – Ampyang merupakan makanan khas Solo. Orang solo juga biasa menyebutnya gula kacang. Karena makanan ini terbuat dari bahan dasar kacang tanah dan gula merah atau gula Jawa. Rasa kacang yang berpadu dengan gula merah membuat selera Anda tergugah. Manis dan lezat untuk dimakan dengan apapun. Baik itu dimakan langsung maupun dijadikan teman untuk minum kopi di pagi ataupun sore hari.

Ampyang sudah menjadi oleh-oleh khas di Solo. Di toko oleh-oleh dan pasar tradisional, jajanan ini dijual dengan harga yang lumayan murah, sebanding dengan rasanya yang memang lezat tak ketulungan tersebut. Jika Anda berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk membeli ampyang sebagai oleh-oleh, ya. Namun, jika Anda tak kesana, resep ampyang khas Solo akan membantu Anda membuatnya di rumah dengan cara yang mudah.

Ampyang Khas Solo
Ampyang Khas Solo 
Untuk membuat ampyang, tidak memerlukan teknik khusus karena sangat mudah membuatnya. Anda pasti bisa membikin jajanan khas Solo ini menjadi kreasi masakan Anda sendiri. Silahkan membaca resep ampyang khas Solo dan mulai melakukan proses memasak sesuai dengan apa yang tertuang di dalam resep tersebut.

Bahan:

  • 200 gram kacang tanah, dikupas
  • 150 gram gula merah atau gula Jawa, sisir halus
  • 50 ml air
  • 25 gram jahe, bakar dan iris tipis

Cara Membuat:

  1. Sangrai kacang sampai matang dan teksturnya sesuai. Sisihkan.
  2. Rebus gula merah dengan air sampai benar-benar mencair.
  3. Tambahkan jahe bakar yang sudah diiris tipis tadi. Aduk sampai merata dan tercampur semua. Didihkan.
  4. Setelah itu, masukkan kacang tanah sangrai, aduk sampai semua bahan tercampur merata. Angkat dan biarkan agak dingin.
  5. Adonan yang sudah agak dingin dan siap dicetak tersebut bisa diambil. Cetak menjadi gula kacang atau ampyang.
  6. Ambil 1-2 sendok makan, letakkan di atas loyang atau wadah apapun yang sudah dialasi dengan daun pisang supaya tidak lengket.
  7. Diamkan adonan yang sudah dicetak sampai dingin dan mengeras
  8. Jika sudah keras, ambil dan tata di piring saji.
  9. Hidangan siap dinikmati.
Simpan di dalam toples agar bisa dinikmati kapanpun dan memudahkan keluarga Anda yang ingin mencari dan menjadikannya camilan. Baca Juga : Resep Membuat Abon Varia Khas Solo


Karena ampyang berbahan dasar gula merah, maka Anda bisa mengkonsumsinya ketika mengopi atau minum teh bersama dengan keluarga. Rasa pahitnya kopi dengan manisnya ampyang akan berpadu menjadi satu di lidah Anda. Mulai saat itu, Anda tidak perlu khawatir lagi jika mencari jajanan yang pas untuk teman ngopi. Ampyanglah yang paling cocok. Membuatnya dengan resep ampyang khas Solo juga sangat mudah. So, silahkan memasaknya dan salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana