Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 25 September 2015

Resep Membuat Ampyang Pedas Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Ampyang Pedas Khas Jogja – Jogja selain terkenal dengan objek wisatanya yang beragam dan menyedot para wisatawan, juga terkenal akan wisata kulinernya. Bisa Anda bayangkan berbagai makanan khas dari Jogja yang sering dijadikan oleh-oleh, misalnya bakpia yang sangat terkenal itu juga gudeg basah maupun kering. Beberapa orang yang kesana memburu makanan tersebut, baik untuk dimakan sebagai camilan saja ataupun dibuat oleh-oleh bagi keluarga di rumah. Tentunya, tidak hanya bakpia yang rasanya nikmat dan terkenal.

Ada satu makanan khas Jogja yang mungkin sebagian orang tahu bentuknya, tapi jarang ada yang tahu namanya. Ada yang menyebutnya gula kacang, kacang manis dan sebagainya. Perkenalkan, makanan ini bernama ampyang. Jajanan yang terbuat dari kacang dan gula merah serta bumbu lainnya tersebut memang sering memanjakan lidah wisatawan. Masyarakat Jogja sering membuatnya dengan resep ampyang pedas khas Jogja.
Ampyang Pedas Khas Jogja
Ampyang Pedas Khas Jogja
Walaupun hidangan ini banyak versinya, seperti manis dan pedas misalnya, namun tetap tidak akan mengurangi cita rasa khas yang ditimbulkan olehnya. Mari mencoba memasak hidangan ini dengan resep ampyang pedas khas Jogja dan buktikan sendiri bagaimana rasanya.

Bahan dan Bumbu:

  • 2 kg kacang tanah kulit
  • 2 kg gula merah, sisir halus
  • 75 gram jahe instan

Bumbu Halus:

  • 4 sendok teh garam
  • 80 gram cabai rawit
  • 160 gram cabai merah besar

Cara Membuat:

  1. Persiapkan semua bahan yang dibutuhkan
  2. Goreng kacang tanah selama beberapa menit. Angkat dan tiriskan kemudian dinginkan beberapa saat.
  3. Goreng juga cabai rawit dan cabai merah besar. Angkat dan tiriskan.
  4. Langkah selanjutnya adalah melarutkan gula merah menggunakan api kecil
  5. Lalu masukkan jahe instan dan bumbu halus yang sudah dibuat tadi. Aduk-aduk sampai rata dan tercampur
  6. Tambahkan kacang tanah goreng, kemudian kecilkan api. Aduk sampai kacangnya terbalut gula dan berambut.
  7. Sendok dan taruh di atas tampah. Tunggu selama beberapa saat biar mengeras dan dingin
  8. Ampyang pedas khas Jogja siap dinikmati

Resep ampyang pedas khas Jogja di atas akan menghasilkan 120 buah ampyang. Atau jika Anda membuatnya dengan lebih kecil mungkin jumlahnya akan lebih banyak. Nikmati sensasi rasa pedas manis ini bersama keluarga di rumah sambil ngeteh atau minum jus. Sebenarnya ampyang sendiri memiliki rasa yang manis. Kalau Anda tidak suka jika dicampur dengan cabai, Anda bisa membuang itu dalam resep ampyang pedas khas Jogja dan menjadikan hidangan Anda dengan rasa manis khas gula merah. Baca Juga : Resep Membuat Alen-Alen Khas Jogja

Selamat berlatih untuk Anda. Semoga ke depannya masakan Anda berkualitas dan selalu menjadi lebih baik. Salam koki untuk Anda yang terus beraksi!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D