Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 02 September 2015

Resep Membuat Ayam Goreng Khas Sukabumi

Advertisement
Advertisement

Resep Ayam Goreng Khas Sukabumi – Ayam goreng merupakan hidangan simple yang bisa dijadikan lauk untuk makan nasi. Para ibu kerap membikin hidangan ini untuk bekal makan anak-anak di sekolah maupun untuk makan siang bersama keluarga. Bumbu untuk membuatnya juga sangat simple dan dapat dimasak di rumah. Bahkan sekarang di toko-toko sudah dijual berbagai bumbu siap masak untuk mengolahnya menjadi hidangan dengan praktis. Selain karena praktis, ayam goreng banyak disukai anak-anak. Sekarang kreasi ayam goreng juga sangat banyak. Seperti ayam goreng bumbu pedas, ayam goreng kremes, dan lain sebagainya.

Namun, resep ayam goreng khas Sukabumi ini bisa Anda coba untuk kreasi ayam goreng yang bisa dihidangkan di meja makan keluarga. Sebab, rasanya khas dari daerah asalnya, Sukabumi, Jawa Barat. Ingin kan mencoba kuliner Nusantara dari kota tersebut tanpa harus ke sana? Cara membuatnya sama dengan membuat ayam goreng pada umumnya. Akan tetapi, yang jadi keistimewaan dari ayam goreng khas Sukabumi ini adalah cita rasa dari bumbunya itu sendiri. Begitu gurih dan menggoyang lidah. Pas sekali untuk disantap di siang atau malam hari. Resep ayam goreng khas Sukabumi pun tidak kalah lezat dengan bumbu praktis yang dijual di toko.

Ayam Goreng Khas Sukabumi
Ayam Goreng Khas Sukabumi

Sebelum Anda mencoba membuatnya, alangkah lebih baiknya Anda membaca resep ayam goreng khas Sukabumi terlebih dahulu agar mudah memahami cara membuatnya.

Bahan:

  • ½ kg ayam
  • 2 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 3 siung bawang putih
  • ¼ sendok teh merica butir yang disangrai
  • ¾ gram lengkuas
  • 5 buah kemiri, disangrai
  • 1 cm jahe
  • ½ sendok teh gula pasir
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok makan ketumbar, disangrai

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih daging ayam dan potong menjadi beberapa bagian
  2. Kemudian siapkan bumbu halus untuk diblender. Blender sampai benar-benar halus
  3. Setelah itu lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 10-15 menit. Cuci kembali.
  4. Ungkep daging ayam bersama bumbu yang telah dihaluskan tadi. Pakailah api sedang atau mendekati kecil. Aduk sampai mengering atau airnya berkurang.
  5. Angkat dan diamkan agar uapnya menghilang.
  6. Lalu panaskan minyak goreng untuk menggoreng daging ayamnya. Masak hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
  7. Tiriskan dan sajikan ke dalam piring saji.
Menyantap ayam goreng khas Sukabumi bisa Anda lakukan dengan nasi putih yang masih hangat dan juga sambal tomat yang pedas. Tentu selera makan Anda akan bertambah. Baca Juga : Resep Membuat Ayam Goreng Asam Manis

Anda bisa menambahkan lalapan agar rasanya lebih segar. Nikmati bersama dengan keluarga dan biarkan mereka terkagum-kagum dengan rasa masakan Anda. Semoga resep ayam goreng khas Sukabumi ini membantu Anda dalam mengolah hidangan keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D