Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 29 September 2015

Resep Membuat Cabuk Rambak Khas Jogja

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Cabuk Rambak Khas Jogja – Selain di Jogja, terdapat pula olahan cabuk rambak ini di daerah lain di Jawa Tengah. Menunya yang sederhana dengan harga yang sangat murah, mulai dari Rp2.000 saja, Anda sudah bisa merasakan makanan lezat yang dimiliki Jogja ini. Kuliner yang tergolong istimewa dan menyehatkan ini bisa Anda temui di beberapa tempat, terutama di pasar tradisional dan pada ibu-ibu yang menjualnya keliling.

Namanya memang unik, yaitu cabuk rambak. Padahal makanan tersebut tidak menggunakan kerupuk rambak. Meskipun demikian, kerupuk gendar pun tetap memberikan kenikmatan. Cobalah sesekali kalau berkunjung ke Jogja mencoba makanan ini. Tidak akan sulit, kok menemukannya. Tapi, bila Anda ingin membuatnya di rumah saja, ada resep cabuk rambak khas Jogja yang akan menemani sekaligus memandu Anda membuatnya. Pasti saat ini Anda sudah bergembira bisa menemukan hidangan yang sangat pas untuk makan pagi maupun siang ini.

Cabuk Rambak Khas Jogja
Cabuk Rambak Khas Jogja
Membuat makanan dari resep cabuk rambak khas Jogja memang sangat mudah. Bahan-bahannya juga gampang dicari dan langkah-langkah yang ada tidak sulit jika diterapkan. Silahkan membaca resep cabuk rambak khas Jogja dengan teliti supaya dapat membuat hidangan ini dengan rasa yang harmoni.

Bahan:

  • Kerupuk gendar (kerupuk dari nasi) secukupnya
  • 4 buah ketupat atau seperlunya
Bumbu:
  • 1 ½ ruas jari kelingking kencur
  • 2 butir kemiri
  • 2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 4 siung bawang putih, goreng
  • 150 gram wijen, sangrai dan tumbuk
  • 150 ml air panas
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada putih bubuk secukupnya

Cara Membuat:

  1. Haluskan kencur, kemiri dan bawang putih sampai benar-benar lembut.
  2. Kemudian tambahkan lada putih bubuk, garam dan gula pasir. Haluskan kembali
  3. Masukkan daun jeruk dan wijen, lalu aduk sampai merata
  4. Tuang air panas, aduk kembali sampai rata. Sisihkan
  5. Siapkan piring saji dan tata ketupat yang sudah dipotongi sesuai selera
  6. Terakhir, siram dengan sambal cabuk rambak. Tambahkan kerupuk gendar di atasnya
  7. Cabuk rambak khas Jogja siap disajikan

Kalau kurang pedas, silahkan menambahkan cabai pada resep cabuk rambak khas Jogja. Anda hanya bisa menggunakan kerupuk gendar, sebab kerupuk tersebutlah yang membuat rasa dari cabuk rambak menjadi khas. Lebih enak jika ditambah dengan tempe dan tahu sebagai lauk pendampingnya. Begitu lezat dan sederhana, itulah kata yang tepat untuk menggambarkannya. Baca Juga : Resep Membuat Masakan Ayam Masak Kecap

Selamat menikmati olahan dari resep cabuk rambak khas Jogja yang sudah Anda buat. Semoga resep ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari olahan makanan yang khas namun mudah untuk dibuat. Sampai disini, resep cabuk rambak khas Jogja pamit, salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana