Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 17 September 2015

Resep Membuat Cabuk Rambak Khas Solo

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Cabuk Rambak Khas Solo – Cabuk rambak merupakan makanan khas Solo yang terbuat dari olahan ketupat dengan sambal dan dimakan bersama karak atau kerupuk puli. Makanan ini, walaupun sangat sederhana, namun dapat membangkitkan selera siapapun yang mencicipinya. Cocok dimakan di pagi atau siang hari ketika jam-jam makan. Di Solo, makanan ini terkenal dan dijual dengan harga yang relatif murah oleh ibu-ibu di pasar tradisional yang gampang ditemui. Dengan harga Rp2.000-Rp4.000 saja Anda sudah bisa merasakan nikmatnya.

Hidangan yang istimewa ini, kata orang solo merupakan makanan yang sederhana, tidak neko-neko dan memerlukan sesuatu yang mahal dan mewah. Kalau orang Solo saja sudah mengatakan bahwa makanan ini sangat sederhana dan enak, kenapa Anda tidak mencoba membuatnya. Bukankah semua makanan sederhana memiliki bahan dan langkah-langkah yang mudah diterapkan? Apalagi ada resep cabuk rambak khas Solo yang akan memandu Anda untuk membuat dan menyajikan hidangan istimewa tersebut.

Cabuk Rambak Khas Solo
Cabuk Rambak Khas Solo 
Pembuatannya tidak memerlukan teknik khusus, pemula saja dapat melakukannya dengan baik asal memahami apa yang ada dalam resep cabuk rambak khas Solo. Bagi Anda yang sudah ahli memasak, tetap membaca resep agar hidangan yang disajikan pun tetap enak tanpa mengurangi kekhasan daerah asalnya.

Bahan Membuat Cabuk Rambak:

  • Kerupuk puli atau karak secukupnya
  • 2 buah ketupat, belah menjadi 2 bagian dan iris sesuai selera.
  • Daun pisang secukupnya
Bahan Sambal Cabuk Rambak:
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh gula pasir
  • 1 cm kencur
  • 2 butir kemiri, disangrai
  • 2 sendok makan air
  • 3 lembar daun jeruk purut, diiris tipis
  • 4 siung bawang putih
  • 150 gram wijen, disangrai dan ditumbuk halus
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Buatlah sambal terlebih dahulu dengan menumbuk kencur, bawang putih, garam, merica dan gula pasir sampai benar-benar halus.
  2. Tambahkan daun jeruk dan wijen, aduk sampai rata. Tuangkan air secukupnya, aduk lagi sampai merata.
  3. Siapkan daun pisang dan bentuk menjadi pincuk.
  4. Tata ketupat yang sudah dipotongi atau diiris tipis di atasnya
  5. Tuangkan sambal yang sudah jadi tersebut di atas ketupat
  6. Kemudian sajikan dengan kerupuk puli atau karak
  7. Sajian siap dinikmati

Resep cabuk rambak khas Solo di atas dapat menghasilkan 3 porsi hidangan. Jika dirasa kurang untuk jumlah keluarga Anda yang lebih dari itu, Anda bisa menambahkan takaran bahan dan bumbunya. Baca Juga : Resep Membuat Bakmi Ketoprak Khas Solo

Setelah itu, nikmati kelembutan dan kekhasan sambalnya bersama mereka di rumah sambil menonton televisi atau mengobrol bersama. Untuk membuatnya cukup mudah sekali, bukan? Selamat berkreasi dengan makanan Anda, salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana