Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 30 September 2015

Resep Membuat Cemplon Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Cemplon Khas Jogja – Cemplon merupakan makanan khas Jogja. Jika Anda mendengar namanya pasti akan tertawa. Unik sekali, ya. Nah, di daerah Jawa Timur juga ada makanan yang serupa dengan nama unik pula, yaitu jemblem. Memang cemplon sangat mirip dengan jemblem. Namun, mungkin secara rasa, bahan dan tekstur sedikit berbeda, ya. Tergantung lidah masyarakat yang menilainya. Kalau cemplon sudah pasti lezatnya. Rasanya manis-manis dan gurih, pokoknya tak terkatakan kenikmatan saat gigitan pertama.

Di pasar tradisional banyak yang menjual cemplon bersama gorengan lainnya. Di pinggir jalan pun juga ada jika Anda kebetulan lewat di Jogja. Namun, kalau sekarang Anda ingin membandingkan rasanya dengan jemblem khas Jawa Timur, lebih baik Anda membuat sendiri cemplon di rumah dengan menggunakan resep cemplon khas Jogja yang terkenal menghidangkan makanan dengan lezat tersebut. Dijamin resep cemplon khas Jogja ini tidak akan mengurangi kekhasan rasa yang ditimbulkan oleh cemplon asli dari kota di Jawa Tengah tersebut.
Cemplon Khas Jogja
Cemplon Khas Jogja
Cara membuat cemplon dengan resep cemplon khas Jogja pun sangat mudah dan Anda tidak akan kesulitan jika membaca dan mencermatinya sampai selesai. Mari simak kelanjutannya.

Bahan:

  • 500 gram singkong
  • ¼ kg gula Jawa, sisir
  • 1 gelas minyak goreng
  • ½ butir kelapa, parut
  • 1 bungkus vanili

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan sebelum membuat hidangan cemplon khas Jogja
  2. Ambil singkong, kemudian bersihkan dan cuci sebelum diparut.
  3. Setelah diparut, campur dengan kelapa yang sudah diparut.
  4. Tambahkan vanili dan garam kemudian aduk-aduk adonan sampai tercampur
  5. Ambil kira-kira sekepal, kemudian bentuk bulat-bulat menyerupai bentuk cemplon yang asli. Kemudian pipihkan.
  6. Beri gula jawa yang sudah disisiri bagian tengahnya.
  7. Bentuk menjadi bulatan kembali kemudian panaskan minyak untuk menggorengnya.
  8. Setelah minyak panas, masukkan cemplon dan goreng sampai warnya berubah menjadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan
  9. Cemplon siap dinikmati.

Cemplon sangat cocok dimakan bersama kopi yang masih hangat dan disantap saat pagi hari. Namun, Anda juga bisa menyantapnya pada sore hari saat sedang hujan dengan cemplon yang baru diangkat dari wajan dan kopi yang masih panas pula. Pasti akan serasa berada di surga rasanya. Untuk itu, ganti camilan Anda dengan cemplon ini. Selain menyehatkan, juga merupakan camilan murah. Anda membuatnya dengan resep cemplon khas Jogja saja sudah bisa dijadikan untuk hidangan tamu jika di rumah sedang ada hajatan. Baca Juga : Resep Membuat Carang Gesing Khas Jogja

Demikianlah resep cemplon khas Jogja. Semoga resep ini membantu Anda untuk menghidangkan makanan yang lezat, sehat dan disukai keluarga. Selamat memasak dan menikmati hidangan cemplon Anda. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D